Recent

Indonesia Media Center (IMC)

“Saring Sebelum Sharing” Hari Kesaktian Pancasila 2018 Momentum Pemersatu Brebes

Brebes | Jateng, IMC - “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa” Adalah kalimat yang diusung Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 melalui upacara di Alun-alun dengan dihadiri ribuan orang. Senin (1/10/18).

Selaku Inspektur Upacara adalah Bupati, Hj. Idza Priyanti SE, MH dan Komandan Upacara adalah Danramil 01 Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Nurhadi. Acara juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda dan Ketua DPRD, Dr. H. Illia Amin, MM.Pd beserta para Kepala OPD se-Kabupaten. Sedangkan untuk peserta upacara terdiri dari anggota Kodim dan Polres, Satpol PP, Dishub, Linmas, Korpri, gabungan Ormas, mahasiswa dan pelajar.

Prosesi acara dalam memperingati hari saktinya Pancasila ini digelar serentak di seluruh Indonesia dan Kabupaten Brebes. Diawali dengan pemutaran lagu-lagu perjuangan, mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila dan UUD 1945 serta pembacaan ikrar kesetiaan kepada Pancasila oleh Ketua DPRD, kemudian diakhiri dengan doa.

Disampaikan Bupati bahwa hari lahirnya Pancasila merupakan momentum untuk merefresh kembali tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia, sebab meskipun berkali-kali ada upaya untuk mengganti dengan ideologi lain namun Pancasila tetap berdiri tegak sebagai dasar dan falsafah negara.

“Salah satu dari 4 Pilar Kebangsaan adalah Pancasila, untuk itu wajib hukumnya dipegang teguh serta jangan memberikan ruang bagi ideologi lain untuk menggantinya. Saya berharap segenap komponen masyarakat Brebes khususnya untuk bersama-sama merapatkan barisan dan bersinergi serta bersatu padu dalam pembangunan sehingga Brebes lebih sejahtera dan lebih berprestasi lagi kedepannya.” ajak Idza Priyanti.

Di sisi lain selepas pelaksanaan kegiatan, Danramil mengingatkan bahwa ancaman terbesar saat ini adalah berita yang bersifat hoax. Ujaran kebencian maupun isu SARA di media sosial sangat berpotensi memecah belah persatuan dan keutuhan bangsa.

“Saya himbau agar lebih bijak dan berhati-hati dalam bermedsos. Jangan mudah terhasut maupun terprovokasi oleh informasi yang belum tentu kebenarannya, saring sebelum sharing demi menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pembangunan Brebes kearah yang lebih baik dapat terus dipacu pemerintah daerah.” Ungkap Nurhadi. (pendim0713brebes..As).
Share
Banner

warta Kodim Brebes

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: