Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Pelabuhan Lewoleba Naik Status Dari Wilker Jadi Kantor UPP Kelas III




Larantuka, IMC – Pelabuhan Lewoleba kabupaten Lembata naik status dari Wilayah Kerja (Wilker) menjadi kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas III Lewoleba dan pelabuhan Larantuka dari UPP kelas Tiga menjadi kelas Dua.

“Semenjak tanggal 9 Agustus 2018 sudah ada keputusan dari Menteri Perhubungan RI sehingga sudah berdiri sendiri dan nanti memiliki kepala kantor sendiri,” sebut kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Larantuka, Simon Baon, Selasa (9/10/2018).

Kantor UPP Larantuka, kata Simon, sudah mendongkrak satu Wilker menjadi kantor UPP sehingga kantornya juga naik kelas menjadi kelas 2. Nantinya akan ada penambahan karyawan.

“Saya merasa puas sebab setelah saya menjabat setahun bisa memperjuangkan agar pelabuhan Lewoleba bisa mandiri dan menjadi kantor UPP sendiri. Saya harus berjuang mempresentasikannya di kementerian,” ungkapnya.

Kemungkinan, sebut Simon, hanya dua usulan dari tiga usulan peningkatan status pelabuhan di NTT yang disetujui kementerian Perhubungan RI. Satunya pelabuhan Wini di Timor Tengah Utara.

“Untuk pelabuhan Wuring di kabupaten Sikka kemungkinan tidak bisa naik status, sebab jaraknya terlalu dekat dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Laurens Say, Maumere,” terangnya.

Pelabuhan Larantuka, beber Simon, merupakan bandar teramai di NTT dan membawahi 16 Wilker termasuk pelabuhan Wuring serta Palue di kabupaten Sikka maupun dua pelabuhan lain di kabupaten Lembata. Tapi sekarang tersisa 14 Wilker.


“Seharusnya, pelabuhan Larantuka berstatus kelas satu. Sebab pelabuhannya ramai sekali dan mempunyai banyak Wilker. Pelabuhan ini juga beroperasi setiap hari dari pagi hingga malam hari,” paparnya.

Dengan naiknya status pelabuhan Lewoleba dan Larantuka, tegas Simon, maka secara otomatis akan meningkatkan perekonomian wilayah karena akan banyak penambahan fasilitas maupun kapal-kapal yang akan bersandar.

“Saya bersyukur bisa memperjuangkan kenaikan status pelabuhan Lewoleba dan Larantuka dan ini menjadi kepuasan bagi saya yang juga putera dari Lembata sendiri,” sebutnya.


Penulis: Emanuel Bataona

Share
Banner

Emanuello Bataona

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: