Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Pangdam IV : Prajurit Kodam IV/Diponegoro Wajib Mengerti dan Menghayati Perjuangan dan Nilai Kepahlawanan Diponegoro



Semarang | Jateng, IMC - Sebentar lagi Kodam IV/Diponegoro akan memasuki usia yang ke 68 tahun, usia yang cukup matang dalam kiprahnya menjaga dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI khususnya di wilayah Jateng dan DIY. Menjelang HUT ke-68 Kodam IV/Diponegoro yang jatuh 5 Oktober 2018 nanti, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si. beserta para pejabat Kodam IV/Diponegoro didampingi Ketua Persit KCK Daerah IV/Diponegoro beserta pengurus melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional Pangeran Diponegoro‎ di Makassar, Kamis, (27/9).

Pangdam menuturkan, kegiatan ziarah ini tidak lebih sebagai wujud penghormatan kepada nama besar Pangeran Diponegoro yang dikenal sebagai pejuang gigih dan tak kenal menyerah untuk mempertahankan kedaulatan bangsa dan negaranya. Beliau juga merupakan sosok muslim yang sangat taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, tulus ikhlas berjuang membela yang lemah dan negakkan kebenaran, serta rela mengorbankan jiwa dan raga dalam mengusir penjajah, walau pada akhirnya harus diasingkan ke Makasar hingga akhir hayatnya. Karena nilai-nilai kepahlawanan inilah maka nama besar beliau diabadikan sebagai nama satuan Kodam IV/Diponegoro

‎"Setiap prajurit Kodam IV/Diponegoro dimanapun bertugas dan berada harus meneladani dan menjunjung tinggi nama besar Pengeran Diponegoro. Semua prajurit Kodam IV/Diponegoro wajib mengerti dan menghayati perjuangan dan nilai-nilai kepahlawanan Pangeran Diponegoro”, ujar Mayjen TNI Wuryanto.

Ditambahkan Pangdam, beberapa waktu yang lalu kita juga sudah berziarah ke makam Jenderal Besar Soeharto yang juga merupakan sesepuh Kodam IV karena tercatat sebagai Panglima ketiga dan Panglima Besar Jenderal Soedirman sebagai bapak TNI.

‎"Atas nama Pangdam dan seluruh keluarga besar Kodam IV/Diponegoro, kami memanjatkan doa semoga almarhum mendapat tempat yang mulia di sisi-Nya. Kita harus bisa mengambil pelajaran dan meneladani kepahlawan dan nama besar para pendiri Kodam IV, karena estafet kepemimpinan itu akan terus berlanjut dari generasi ke generasi", ungkap Jenderal bintang dua ini.

Semoga seluruh rangkaian HUT ke 68 Kodam IV/Dipoengoro yang juga sekaligus bersamaan dengan HUT ke 73 TNI dapat berjalan aman, lancar, dan selamat, baik bagi personel maupun materiil, pungkasnya. (Skt/S)
Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: