Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Kegiatan Rohani Kodim 0713, Doakan Para Pahlawan Revolusi

Brebes | Jateng, IMC - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya, meneruskan perjuangan dengan mengisi pembangunan melalui hal-hal yang positif. Sebagai generasi penerus, salah satu cara kita menghargai jasa mereka adalah dengan mendoakan agar diberikan tempat terbaik disisi Tuhan YME.

Untuk itulah puluhan anggota Kodim 0713 Brebes bersama warga masyarakat sekitar menggelar kegiatan rohani melalui doa bersama bagi arwah para Pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam mempertahankan Ideologi Pancasila dari Komunis, bertempat di Masjid Darut Taqwa Kodim, Jalan Pusponegoro No. 56. Minggu (30/9).

Kegiatan dipimpin oleh KH. Ali Mursoi (imam masjid). Sebelum acara dimulai, dilaksanakan sholat magrib berjamaah kemudian dilanjutkan dengan tahlil, pembacaan surat yasin, doa dan ditutup dengan sholat isya berjamaah.

Dikatakan Komandan Kodim melalui Kapten Infanteri Solekhudin, “Momentum kegiatan ini merupakan suatu cara guna mengenang, menghormati dan meneruskan cita-cita perjuangan para Pahlawan Revolusi yang telah berjuang dengan mengorbankan jiwa dan raganya demi menegakkan Pancasila sebagai satu-satunya dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sah seperti tercantum dalam Pembukaan UUD 1945,” bebernya.

Lebih lanjut dijelaskannya, acara yang digelar setiap tahun itu untuk memperingati peristiwa pemberontakan yang dilakukan oleh PKI 53 tahun silam (1965) dengan peristiwa yang dikenal dengan nama G-30S/PKI. Selain itu juga memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober.

“Pancasila tidak dapat ditaklukkan oleh ideologi manapun, sebab merupakan landasan perjuangan bangsa, pegangan hidup rakyat Indonesia majemuk dan Pancasila dapat menyesuaikan perkembangan jaman dengan mengedepankan rasa hormat menghormati antar suku, ras dan agama.” imbuhnya.

Solekhudin berharap kepada semua anggota warga masyarakat yang hadir, agar selalu waspada terhadap Bahaya Laten Komunis (Balatkom) gaya baru demi persatuan dan keutuhan bangsa yang dikenal ramah, saling menghargai, mengedepankan tenggang rasa serta mempunyai kekayaan budaya heterogen namun tetap satu dalam kerangka NKRI.

Kegiatan serupa juga dilakukan di Masjid/mushola di seputaran Koramil-Koramil jajaran Kodim. (pendim0713brebes..As).

Share
Banner

warta Kodim Brebes

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: