Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-73, Kaban Diklat Kejaksaan RI Pimpin Upacara Bendera

Jakarta, IMC- Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan RI menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati  hari Kemerdekaan Republik Indonesia  yang ke-73. Upacara berlangsung  di lapangan Apel Badiklat Kejaksaan RI, Ragunan, Jakarta, Jumat ( 17/8/18 ) dengan inspektur upacara Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi.
Upacara peringatan  hari detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018 diawali dengan pengibaran bendera sang saka merah putih oleh peserta Diklat Pembentukan ( PPPJ ) angkatan 75, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan naskah pancasila oleh Inspektur upacara Kaban Diklat Kejaksaan RI disusul pembacaan UUD-1945 oleh peserta Diklat Latsar golongan III.
Peringatan hari Kemerdekaan tahun ini diikuti oleh seluruh pegawai Badiklat Kejaksasan serta seluruh peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan III dan IV, PPPJ Angkatan 75 dan Pelatihan Dasar CPNS golongan III dan II .
Kaban Diklat Setia Untung Arimuladi dalam sambutan Jaksa Agung mengatakan,Peringatan hari kemerdekaan ini membawa kita kepada suatu momentum bersejarah, dimana 73 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 17 Agustus tahun 1945, Soekarno-Hatta mengumandangkan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia.
“ Pernyataan kebangsaan tersebut berakar dan tumbuh dari cita-cita, keinginan yang luhur dan sikap tegas rakyat Indonesia saat itu untuk membebaskan diri dari belenggu penjajahan, disertai dengan tekad dan semangat yang kokoh dan bulat untuk berdiri sendiri menentukan nasibnya, mensejahterakan kehidupan rakyat dan menempatkan bangsa Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia,” kata Untung.
Sejalan dengan itu tambahnya, maka peringatan hari kemerdekaan ini merupakan suatu monumen untuk senantiasa menggelorakan api semangat proklamasi sebagai bentuk pengingat bahwa kemerdekaan telah membuka jalan bagi kita untuk membangun bangsa dan negara ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu tidak ada pilihan lain bagi kita generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kerja keras dan pengabdian yang nyata dalam memaksimalkan segenap kekuatan, peluang, potensi dan sumber daya yang ada sebagai modal utama bagi keberhasilan serta kemajuan bangsa dan negara.
 Sehingga melalui usaha tersebut kita dapat terus memelihara, merawat serta menajamkan kembali semangat, perjuangan dan cita-cita para pendiri bangsa (founding fathers) untuk mencapai tujuan nasional yaitu “melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”.
Peringatan Hari Kemerdekaan Tahun 2018 ini dengan tema KERJA KITA, PRESTASI BANGSA. guna semakin meneguhkan komitmen kita untuk senantiasa bekerja dengan semangat, giat, ulet, sungguh-sungguh dan dengan cerdas untuk menggunakan pikiran, ide-ide kreatif dan inovatif guna mencapai hasil terbaik yang dapat membawa manfaat nyata dalam memajukan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“ Selaku Abdi Negara dan Abdi Masyarakat, dalam kapasitasnya sebagai aparat penegak hukum kita harus memahami sepenuhnya bahwa dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan jajaran Kejaksaan hendaknya mampu menerjemahkan beragam keinginan, ekspektasi dan tuntutan masyarakat, terutama memastikan tegaknya supremasi hukum yang menghadirkan keadilan, kebenaran, kepastian, dan kemanfaatan,” pungkas Untung.
Dalam kesempatan ini,usai uapacara peringatan hari Kemerdekaan RI, Kaban Diklat Kejaksaan langsung menghampiri pasukan upacara untuk memberikan selamat dan semangat juang kepada peserta upacara yang terdiri dari peserta Diklat PPPJ, Latsar golongan II,latsar golongan III dan Diklat PIM dengan yel-yel mengepalkan tangan sambil menyanyikan lagu kemerdekaan maju tak gentar dan lagu kemerdekaan 17 Agustus 45. (Muzer)

Share
Banner

Muzer Tok

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: