Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Babinsa Ternyata Bisa Raih Juara Lomba Safety Riding HUT Lalu Lintas Polres Brebes

Brebes | Jateng, IMC -Sambut HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke-63 tahun 2018 yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 September, Satuan Lalulintas Polres Brebes menggelar Lomba Safety Riding Lintas Sektoral di Halaman Islamic Centre Brebes yang bertajuk “For Police 2018 Polres Brebes”. Jumat (31/8/18).

Selain dari intern jajaran Polres, peserta lain berasal dari jajaran TNI dari Kodim 0713 Brebes, Dinas Perhubungan serta perwakilan dari SKPD maupun instansi Pemkab Brebes.

Lomba dibuka secara langsung oleh Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto, SH.SIK.MSi, melalui sambutan yang mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna memberi edukasi tentang tata cara berkendara yang baik dan benar kepada masyarakat dan aparat sebagai pionernya. Hal tersebut salah satu upaya untuk mengurangi angka kecelakaan dan fatalitas akibat kecelakaan lalu-lintas. “Dengan kemampuan berkendara tersebut, para peserta diharapkan nantinya bisa mentranfer ilmu dan pengalamannya kembali kepada orang-orang disekitarnya sehingga dapat terhindar serta meminimalisir fatalitas akibat kecalakaan di jalan. Selain itu para peserta ini saya harapkan dapat menjadi “Duta Keselamatan” dimasing-masing satuan kerjanya.” terangnya.

Sementara dijelaskan Haryono dari PT. Astra Honda Motor Brebes, bahwa hampir semua orang bisa mengendarai sepeda motor, namun tak semuanya memahamai cara mengendarai sepeda motor dengan aman dan benar. Banyaknya kecelakaan di jalan yang melibatkan para pengendara roda dua, akhirnya dengan bekerjasama dengan Polres Brebes dalam menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-63 tahun 2018, kembali digelar aksi untuk berkendara secara aman di jalanan melalui lomba berkendara ini.
Materi yang diperlombakan diharapkan berguna bagi para pemotor di jalanan yang antara lain slalom, pengereman, melewati papan titian dan juga rintangan. Untuk slalom berfungsi melatih kemampuan menjaga irama keseimbangan tubuh ketika sedang menikung atau ketika sedang melalui jalanan berliku. Dalam melakukan gerakan ini hal yang terpenting adalah mengontrol gerakan tubuh pengendara sepeda motor, yaitu saat sedang menikung atau berbelok, sepeda motor lebih mengikuti tubuh pengendara setelah kemudi/stang.

Dijelaskan lebih lanjut untuk pengereman, posisi mengerem yang benar idealnya adalah 60:40. Maksudnya adalah penggunaan rem depan sebanyak 60% dan rem belakang 40%. Distribusi pengereman yang benar akan menghindari terjadinya slip atau salah satu roda yang ‘membuang’ ketika sedang mengerem.

Sebelum lomba para peserta diberi kesempatan untuk melakukan pengecekan kondisi motor, termasuk tekanan angin kedua ban, memakai helm, jaket, sarung tangan maupun sepatu.

Keluar sebagai juara pertama lomba adalah Bhabinkamtibmas dari Polsek Wanasari, Brigadir Bagus. Kemudian untuk Juara Ke-II diraih Bripda Yola dari Satuan Shabara Polres Brebes. Untuk TNI Kodim 0713 Brebes yang mengirimkan wakilnya berhasil meraih jauara ketiga lomba oleh Serka Torikin, Babinsa Koramil 01 Brebes.

Sedangkan untuk juara harapan masing-masing diraih oleh Bripka Indra Prasetyo Lantas Polres Brebes, Serda Daryono dari Kodim dan juara harapan 3 diperoleh oleh Jono dari Dinas Pekerjaan Umum Brebes.

Atas keberhasilan para duta keselamatan tersebut, ketiga juara mendapat thropy dan uang pembinan diserahkan langsung oleh Kasatlantas Polres Brebes dan dewan Juri dari PT. Astra Honda Motor Brebes. (pendim0713bbs..As)
Share
Banner

warta Kodim Brebes

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: