Danramil Sirampog Berikan Wasbang ke Peserta Diklat Pramuka



Brebes | Jateng, IMC - Dalam rangka pendidikan dan latihan (Diklat) kepramukaan bagi peserta didik yang belum memenuhi nilai extrakulikuler pramuka di SMA Negeri 1 Sirampog, Danramil 10/Sirampoq Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Muhrodi memberikan pembekalan tentang materi wawasan kebangsaan, Jumat (6/7/2018).

Pada kesempatan tersebut Danramil Kapten Inf Muhrodi menyampaikan bahwa Saka Wira Kartika yang berada di bawah pembinaan TNI AD ini mendapatkan pembekalan meliputi teori lapangan seperti baris berbaris dan teori ruangan mengenani wawasan kebangsaan.

“Sebagai generasi muda merupakan bagian dari komponen bangsa yang dapat berperan sebagai perekat bangsa dituntut harus mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila yang merupakan hasil kajian yang mendalam dari para leluhur pendiri bangsa ini, sehingga pada akhirnya diharapkan keutuhan NKRI akan dapat terjaga sepanjang jaman,”ungkap Kapten Inf Muhrodi.

“Saka Wira Kartika di dalam pramuka, kalian dididik untuk lebih dewasa dan mandiri sehingga akan mampu menghadapi tantangan hidup serta berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Danramil.

Kapten Inf Muhrodi melanjutkan, Jadilah generasi yang mandiri dan mampu mengatasi setiap tantangan dan selalu berpegang kepada  Pancasila dan UUD 1945  serta selalu menjaga keutuhan NKRI,” tandasnya.

Danramil menambahkan, tentang sejarah lambang negara dan esensi tentang nilai-nilai Pancasila yakni nilai religius, nilai kekeluargaan, nilai keselarasan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan.
Danramil juga menyinggung peran Pancasila bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi Bangsa Indonesia.

Lanjut Kapten Inf Muhrodi kegiatan ini bertujuan agar generasi muda memahami Pancasila sebagai ideologi negara serta mampu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, membentuk karakter, kedisiplinan serta cinta tanah air,” pungkasnya. (Pendim0713/Brebes).



Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال