Indonesia Media Center (IMC)

Usai Cuti Lebaran, Para Kolonel Kodam IV Melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani



Semarang | Jateng, IMC  - Kasad Jenderal TNI Mulyono menekankan bahwa prajurit TNI AD harus jago perang, jago menembak, jago bela diri dan memiliki fisik yang prima. Oleh karena itu, seluruh prajurit, apapun pangkatnya dan dimanapun bertugas harus senantiasa menjaga kondisi fisiknya.

Dalam rangka menjaga dan untuk mengetahui sampai sejauhmana kemampuan dan kondisi kesegaran jasmani, usai melaksanakan cuti lebaran, para Perwira Menengah (Pamen) golongan IV (Kolonel) di Kodam IV/Diponegoro, Kamis (28/6) pagi mengikuti tes kesegaran jasmani di Lapangan Parade Makodam IV/Diponegoro.

Pelaksanaan test dipimpin Kajasdam IV/Diponegoro dan disaksikan langsung oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si. dan Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Agus Bakti Fadjari, S.I.P., M.Si.

Sebelum kegiatan dimulai dan sesuai dengan prosedur yang berlaku, para Pamen harus menikuti pengecekan kesehatan berupa tensi dan denyut nadi oleh Tim Kesehatan dari Kesdam IV/Diponegoro. Hal ini untuk menghindari kecelakaan dalam pelaksanaan tes kesegaran jasmani yang disebabkan adanya gangguan kesehatan. Apalagi para Pamen golongan IV ini usianya sudah tidak muda lagi dan pelaksanaan tes kesegaran jasmani cukup menguruas fisik.

Usai pemeriksaan kesehatan, selanjutnya mengikuti pemanasan yang dipimpin oleh Perwira Jasmani dari Jasdam IV/Diponegoro dan dilanjutkan pelaksanaan tes kesegaran jasmani. Adapun materi yang harus diikuti meliputi tes kesegaran jasmani “A” berupa lari 3.200 meter, kesegaran jasmani “B” terdiri dari pull up, sit up, phus up dan sheatle run (lari angka delapan), serta tes ketangkasan berupa renang sejauh 50 meter.

Pangdam IV/Diponegoro disela-sela kegiatan menyampaikan, tes kesegaran jasmani ini wajib diikuti oleh semua prajurit setiap enam bulan sekali, termasuk para Kolonel.

“Setiap enam bulan sekali, para prajurit akan menjalani tes kesegaran jasmani untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan kondisi fisik yang dimiliki. Dengan mengetahui kondisi fisik yang dimiliki, maka masing-masing dapat membina dan meningkatkan kemampuan fisiknya, sehingga nantinya akan memiliki fisik yang prima dan siap melaksanakan tugas kapanpun dan dimanapun”, pungkas Pangdam. ( Skt/ Sty )
Share
Banner
loading...

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: