Indonesia Media Center (IMC)

Personel TNI-Polri dan Linmas Cilacap Siap Amankan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Tahun 2018



Cilacap | Jateng, IMC  - Personil Gabungan dari TNI-Polri dan Linmas Kabupaten Cilacap, diturunkan guna mengamankan jalannya Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018. Hal tersebut ditandai dengan dilaksanakannya Apel Pergeseran Pasukan dan Serah Terima Linmas dari Bupati Cilacap kepada Kapolres Cilacap, kegiatan berlangsung  di Alun-alun Pemkab Cilacap, Senin (25/06).

Apel ini dimaksudkan untuk memantapkan Kesiapan Personel Pengamanan atas tanggungjawab dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran demi suksesnya Penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng tahun 2018.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji selaku Pimpinan Apel membacakan amanat Kapolda Jateng. Menurut Kapolda, tahun 2018 ini menjadi momentum yang sangat penting bagi masyarakat Jawa Tengah, karena pada  tanggal  27 Juni  2018 akan dilaksanakan perhelatan Demokrasi Lokal untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Periide  2018 - 2022, dimana pelaksanaannya bersamaan dengan Pemilihan Bupati dan Walikota yaitu Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Magelang, Tegal dan Kota Tegal.

Untuk itu, Kapolda mengajak kepada kita semua untuk bulatkan tekad, bersama-sama memelihara dan mengawal Pilkada yang aman dan damai yang bisa dijadikan tauladan bagi Provinsi lain. " Penyekenggaraan Pilkada merupakan salah satu ciri yang harus mekekat pada Negara yang menganut Paham Demokrasi, maka keterlibatan Pemerintahan dan seleruh elemen masyarakat sangat menentukan keberlangsungan Pilkada yang aman dan damai.

Tentunya kita sangat berharap agar pelaksanaan Pilkada Serentak yang Demokratis, dapat terselenggara secara transparan, akuntabel, kredibel dan Partisipasif serta hasilnya dapat diterima oleh semua pihak sehingga mampu menjamin hadirnya kemaslahatan bersama dalam masyarakat. Selain itu, hasil Pilkada juga harus mampu menghantarkan masyarakat pada Kondisi Sosial , Politik dan Ekonomi yang lebih baik. Namun demikian pelaksanaan Pilkada memiliki konflik yang dipicu oleh masalah administrasi data pemilih, Netralitas Penyelenggara Pemilu dan permasalahan lainnya.

Oleh karenanya diperlukan kerjasama seluruh elemen masyarakat untuk mendukung keberhasilan Pilkada Serentak dengan ikut berpartisipasi menjadi pemilih dalam Pilkada serta terbangunnya Sinergitas antara Penyelenggara dengan Pemangku kepentingan Pilkada lainnya dengan prinsip keterbukaan, Ptifesional, Akuntabel dan saling menghormati kemenangan mading-masing Institusi sehingga Pilkada berjalan dengan tertib dan aman.

Sementara itu, Kapolres Cilacap menambahkan bahwa saat ini, kegiatan telah memasuki masa tenang dimana aktivitas kampanye sudah selesai. Selanjutnya Pasukan akan digeser ke wilayah sampai dengan ke TPS-TPS dimana Polres Cilacap dan jajarannya telah menurunkan Personel Polri dan BKO dari Linmas dari Pemda Kabupaten Cilacap untuk melaksanakan Tugas Pengamanan Pemungutan Suara dan Penghitungan suara di semua TPS yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap.

Kapolres berpesan kepada seluruh personel agar pahami betul tugas pokok di TPS dan laksanakan tugas pengamanan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh keiklasan karena kita semua mempunyai tanggungjawab yang sama besar untuk mengawal terselenggaranya
Pemilukada Serentak tahun 2018 secara Luber, jujur dan adil serta aman sesuai tahapan yang telah duatur dan diseoakati

Pada kesempatan tersebut pula Kapolres juga mengingatkan kepada seluruh anggota TNI dan Polri tentang Netralitas. " Kita harus netral, tidak memihak salah satu Paslon  dan tidak memberi dukungan apapun dalam konteks  ucapan dan tindakan kepada para Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng peserta Pilkada Serentak 2018. " Untuk TNI dan Polri akan ada ancaman sanksi tegas terhadap siapapun yang melanggar kebijakan karena tugas kita disini adalah mengamankan jalannya pemungutan suara sesuai dengan protap yang tekah ditentukan dan diatur oleh Kesatuan." tegas Kapolres AKBP Djoko Julianto SIK. (U-S)
Share
Banner
loading...

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: