Jurnalis Dikriminalisasi, Dewan Pers Tak Berguna dan Harus Dibubarkan

Jurnalis Dikriminalisasi, Dewan Pers Tak Berguna dan Harus Dibubarkan Oleh: Wilson Lalengke Pers adalah Hak Azasi Manusia "Bahwa dalam ...


Jurnalis Dikriminalisasi, Dewan Pers Tak Berguna dan Harus Dibubarkan

Oleh: Wilson Lalengke

Pers adalah Hak Azasi Manusia

"Bahwa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang demokratis, kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat sesuai dengan hati nurani dan hak memperoleh informasi, merupakan hak asasi manusia yang sangat hakiki, yang diperlukan untuk menegakkan keadilan dan kebenaran, memajukan kesejateraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa". Demikian bunyi konsideran poin (b) Undang-Undang (UU) RI Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Statemen UU ini jelas menggariskan bahwa menyatakan pendapat/pikiran dan hak memperoleh informasi adalah Hak Azasi Manusia (HAM) yang paling hakiki. Merujuk kepada daftar HAM yang harus dihormati negara (Pemerintah dan aparatnya, termasuk warga masyarakat), maka HAM menyatakan pendapat/pikiran dan HAM memperoleh informasi sama derajat-nya dengan HAM beragama dan HAM untuk hidup. Keempatnya sama-sama didudukkan sebagai HAM yang sangat hakiki.

Pengertian HAM yang sangat hakiki, atau biasanya juga dibahasakan sebagai HAM yang paling azasi adalah hak-hak azasi setiap orang yang tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun juga, termasuk oleh pemerintah/aparat. HAM yang sangat hakiki ini asalnya dari pencipta manusia, yakni Tuhan Yang Maha Esa, HAM yang dibawa sejak seseorang lahir ke dunia ini. Oleh karena itu, HAM-HAM ini ditempatkan pada posisi paling tinggi, yang wajib untuk dihormati tanpa pengecualian.

Informasi adalah kebutuhan paling dasar dari setiap manusia di bumi ini, di zaman apapun dia hidup. Informasi adalah "makanan" manusia sejak ia lahir hingga nanti ia kembali ke alam baka. Banyak orang terbukti mampu bertahan hidup berhari-hari tanpa makan dan minum. Namun, tiada seorangpun yang mampu bertahan hidup tanpa asupan informasi walau hanya sehari saja. Kitab suci agama-agama telah menyatakan dengan tegas, informasi adalah fundamental pemberi kehidupan bagi setiap mahluk manusia. Islam mengajarkan "Iqra" (Bacalah - red) sebagai ayat pertama dan utama yang diturunkan Allah SWT bagi umatnya. Inti ajaran tersebut adalah "carilah dan milikilah informasi" agar kamu bertumbuh menjadi manusia yang sholeh dan sholeha, manusia yang diridhoi oleh Allah SWT. Dalam kalimat yang berbeda namun substansinya sama, kristen mengajarkan "manusia hidup bukan dari roti sahaja, tapi juga dari firman...". Firman adalah informasi itu sendiri, yang diperlukan manusia beriman untuk tumbuh menjadi manusia yang berkenan bagi Tuhan.

Jadi, amat tepatlah jika perundang-undangan di republik ini menetapkan dengan tegas bahwa menyatakan pikiran/pendapat dan hak memperoleh informasi adalah HAM yang paling hakiki bagi setiap warga negara Indonesia. Implementasi HAM yang sangat hakiki ini berwujud pada pola memberi-menerima informasi yang dikerjakan dalam sebuah sistem bernama jurnalisme. Kegiatan jurnalistik yang dikerjakan secara terorganisasi dengan baik disebut pers. Melalui kegiatan jurnalistik yang dikerjakan oleh lembaga pers, para pekerja pers (wartawan/jurnalis) mencari, mengumpulkan, menyimpan, mengolah dan mempublikasikan/menyiarkan informasi kepada publik. Kerja-kerja pers inilah yang kemudian memenuhi kebutuhan HAM yang sangat hakiki masyarakat, yakni memperoleh informasi.

Perlindungan Hukum

Sebagai HAM yang sangat hakiki, maka menyatakan pendapat dan pikiran, dan memperoleh informasi yang terwujudkan melalui pola jurnalisme dalam bentuk kerja-kerja pers perlu dilindungi secara hukum oleh negara. Hanya dengan perlindungan hukum yang kuat dan ditegakkan dengan benar, kehidupan jurnalisme dan pers Indonesia bisa mendapatkan ruang semai dan bertumbuh yang baik dan kondusif.

Jaminan perlindungan hukum terhadap pers dituangkan pada konsideran poin (c) UU Pers yang menyatakan: "bahwa pers nasional sebagai wahana komunikasi massa, penyebar informasi, dan pembentuk opini harus dapat melaksanakan asas, fungsi, hak, kewajiban, dan peranannya dengan sebaik-baiknya berdasarkan kemerdekaan pers yang profesional, sehingga harus mendapat jaminan dan perlindungan hukum, serta bebas dari campur tangan dan paksaan dari manapun". Produk pers adalah kreativitas budi-daya manusia dengan menggunakan segala akal-pikiran, ide, dan olah pikir berbentuk perenungan manusia. Sebagai sebuah kreativitas, maka pers tidak hanya harus bebas dari intervensi atau campur tangan dari pihak manapun tetapi juga harus terlepas dari kungkungan pakem tertentu yang akan menghambat kreativitas seseorang. Kebebasan berkarya-kreatif tersebut sangat perlu dijamin secara hukum agar tidak membelenggu proses jurnalisme yang sedang dijalankan oleh setiap warga masyarakat.

Penegasan perundangan tentang perlindungan hukum atas kegiatan jurnalisme dan pers dipertegas dalam pasal 4 UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers, yang terdiri atas 4 ayat. Secara rinci, keempat ayat perlindungan hukum pers adalah:

(1) Kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara.
(2) Terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran.
(3) Untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.
(4) Dalam mempertanggungjawabkan pemberitaan di depan hukum, wartawan mempunyai Hak Tolak.

Sanksi hukum atas pelanggaran terhadap pasal 4 UU Pers ini telah juga cukup jelas, seperti tertuang dalam pasal 18. Sanksi pidana denda dapat dikenakan kepada setiap pihak yang menghambat kerja pers. Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2), yakni melakukan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah). Pidana denda lima ratus juta rupiah ini juga dikenakan kepada setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pers dalam mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi kepada publik.

Tujuan dan Fungsi Pers

Tujuan jurnalistik menurut Komite Peduli Jurnalis adalah untuk menyediakan informasi yang cukup kepada pembaca (publik) agar mampu mengambil keputusan sendiri dengan baik (to present the reader with enough information to make up his or her own mind. CCJ – Committee of Concerned Journalists). Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang jurnalis atau pekerja pers berkewajiban untuk mencari dan memberikan informasi sebanyak-banyaknya, sedetil-detilnya, seakurat-akuratnya dan secepat-cepatnya kepada masyarakat.

Ketersediaan informasi diperlukan di semua bidang kehidupan manusia. Kealpaan seorang pekerja pers dalam memberikan informasi kepada masyarakat akan berakibat fatal. Ketiadaan informasi tentang program-program pemerintah, misalnya, akan menjadikan masyarakat apatis dan bersikap tidak peduli dengan pelaksanaan pembangunan di komunitasnya. Di bidang politik seperti dalam pelaksanaan Pilkada serentak, juga Pileg dan Pilpres mendatang, ketersediaan informasi tentang orang-per-orang para pasangan kontestan Pilkada menjadi kunci sukses bagi terpilihnya sosok pemimpin daerah yang ideal sesuai harapan bangsa. Ketidak-cukupan informasi yang disajikan ke publik oleh para pekerja pers akan menjadi salah satu faktor kegagalan Pilkada di suatu daerah.

Pers berfungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Terkait dengan hal ini, berdasarkan Pasal 6 UU Pers, pers nasional berperan untuk beberapa hal, yakni:

a. memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui;
b. menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan Hak Asasi Manusia, serta menghormati kebhinekaan;
c. mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar;
d. melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum;
e. memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Dari ketentuan perundangan tersebut, amat jelas terlihat bahwa tugas dan fungsi para pekerja pers mencakup berbagai hal, termasuk melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum. Adalah mustahil melakukan tugas pengawasan, kritik dan koreksi terhadap badan-badan publik dan pejabat publik jika kegiatan publikasi atau penyiaran informasi dibelenggu oleh pihak tertentu. Hal ini sejalan dengan UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Keterbukaan Informasi Publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik.

Dewan Pers Malfungsi

Peraturan perundangan RI di bidang Pers juga mengatur tentang pembentukan sebuah lembaga khusus untuk mengelola kehidupan dan perkembangan pers secara nasional agar berkembang dengan baik dan sesuai dengan cita-cita bangsa. "Dalam upaya mengembangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan kehidupan pers nasional, dibentuk Dewan Pers yang independen." (pasal 15 ayat (1) UU Nomor 40/1999). Berdasarkan ketentuan pasal ini, maka dibentuklah suatu lembaga yang diberi nama Dewan Pers.

Dewan Pers telah ada sejak tahun 1966, berdiri berdasarkan UU Nomor 11 tahun 1966 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pers, yang saat itu berfungsi sebagai penasehat Pemerintah dan secara struktural berada di bawah Departemen Penerangan. Sesuai tuntutan reformasi, lembaga Dewan Pers yang dibentuk berdasarkan UU No 40/1999 kemudian berada di luar sistem pemerintahan alias independen. Secara substansif, keberadaan lembaga Dewan Pers dimaksudkan untuk menjamin terpenuhinya HAM yang sangat hakiki setiap warga negara Indonesia.

Sesuai ketentuan UU, Dewan Pers diwajibkan melaksanakan fungsi-fungsi sebagai berikut :

a. melakukan pengkajian untuk pengembangan kehidupan pers;
b. menetapkan dan mengawasi pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik;
c. memberikan pertimbangan dan mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat atas kasus-kasus yang berhubungan dengan pemberitaan pers;
d. mengembangkan komunikasi antara pers, masyarakat, dan pemerintah;
e. memfasilitasi organisasi-organisasi pers dalam menyusun peraturan-peraturan di bidang pers dan meningkatkan kualitas profesi kewartawanan;
f. mendata perusahaan pers.

Singkat kata, dari uraian fungsi-fungsi yang harus dijalankan Dewan Pers di atas, khususnya poin (c) dan (d), penyelesaian persoalan-persoalan pers terkait pengaduan masyarakat atas pemberitaan dan publikasi informasi di media massa harus ditangani oleh Dewan Pers. Lembaga ini berkewajiban untuk melakukan usaha pendidikan melek media kepada seluruh elemen bangsa, termasuk pemerintah (lebih khusus pejabat negara di semua level) dalam rangka mengembangkan paradigma komunikasi yang baik, konstruktif dan produktif bagi kemajuan bangsa dan negara ini. Dewan Pers perlu melaksanakan "pendidikan pers" kepada seluruh lapisan masyarakat.

Kriminalisasi jurnalis yang banyak terjadi selama ini akibat karya jurnalistik mereka yang dipublikasikan di media-media massa sangat memprihatinkan, sebab pola pemenjaraan jurnalis karena tulisannya adalah bentuk pelanggaran berat HAM yang sangat hakiki terhadap seorang jurnalis. Pemidanaan pekerja pers akibat produk pers yang dihasilkan dan dipublikasikannya oleh penegak hukum adalah sama derajatnya dengan pembunuhan seorang manusia. Pelanggaran berat tidak berhenti pada sang jurnalis yang dikriminalisasi saja, tetapi secara bersamaan juga telah dilanggar HAM yang sangat hakiki masyarakat, karena HAM mereka untuk memperoleh informasi menjadi terabaikan akibat sang jurnalis pemberi informasi telah "dibunuh" aparat penegak hukum. Ini artinya, kriminalisasi jurnalis akibat karyanya adalah pembunuhan sang jurnalis dan masyarakat secara bersamaan.

Untuk menghindari adanya kriminalisasi pers tersebutlah, diperlukan lembaga independen yang akan menjadi wadah penyelesaian sengketa pers antara para pekerja pers dengan masyarakat, termasuk pejabat pemerintah. Sebagai sebuah kasus delik aduan, Dewan Pers harus berinisiatif untuk melakukan mediasi-mediasi antar pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh pemberitaan pers. Amat jelas tersurat bahwa fungsi lembaga ini adalah untuk "mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat atas kasus-kasus yang berhubungan dengan pemberitaan pers". Oleh karena itu, penting sekali bagi masyarakat untuk mempertanyakan pelaksanaan fungsi Dewan Pers tersebut ketika jurnalis (termasuk para penulis lepas dan pewarta warga) dikerangkeng karena informasi yang mereka berikan kepada masyarakat melalui publikasi media massa. Jika Dewan Pers tidak sanggup melaksanakan fungsi itu, dan beberagai fungsi lainnya, maka itu berarti lembaga ini tidak berguna dan perlu dibubarkan segera.

Masih mengacu kepada UU Pers, keanggotaan Dewan Pers terdiri dari: (a) wartawan yang dipilih oleh organisasi wartawan; (b) pimpinan perusahaan pers yang dipilih oleh organisasi perusahaan pers; (c) tokoh masyarakat, ahli di bidang pers dan atau komunikasi, dan bidang lainnya yang dipilih oleh organisasi wartawan dan organisasi perusahaan pers. Menjadi menarik untuk mempertanyakan keberadaan Ketua Dewan Pers sejak tahun 2010, yang dijabat oleh Prof. Dr. Bagir Manan. Sebagai seorang pakar hukum tata negara, mungkin dengan mudah setiap orang terpesona dan beranggapan bahwa beliau adalah orang yang mumpuni dalam pengembangan pers nasional. Lagipula, guru besar Universitas Pajajaran Bandung berusia 74 tahun tersebut adalah mantan Hakim Agung RI, yang oleh karena itu pasti memiliki pengalaman dan wawasan luas tentang penanganan pers. Namun, dari sisi perundangan yang ada, sesungguhnya penunjukkan Bagir Manan sebagai anggota Dewan Pers adalah sebuah pelanggaran UU. Ditilik dari sisi kinerja seorang Bagir Manan sebagai Ketua Dewan Pers, publik dengan mudah dapat menilai bahwa selama ini negara telah kehilangan miliaran, bahkan triliunan rupiah, uang dari pajak rakyat hanya untuk membiayai lembaga malfungsi (gagal fungsi) yang menjadi tempat parkir pensiunan pejabat negara tersebut.

Pemikiran dan Usulan Alternatif

Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat dan canggih telah melahirkan berbagai perubahan dan pergeseran pola, bentuk, dan sistem dalam dunia jurnalisme, pers, dan publikasi, baik di tingkat lokal, nasional, regional, maupun global. Indonesia termasuk negara yang tergolong dalam daftar konsumen terbesar produk teknologi informasi, cenderung hanya sebagai konsumen kemajuan teknologi belaka. Pada kondisi ini, antisipasi terhadap perkembangan dunia informasi-komunikasi dan implikasinya selalu terlambat. Hal ini juga terlihat dari cepatnya produk UU terkait informasi dan komunikasi, jurnalistik dan pers, yang cepat usang. UU No. 40 tahun 1999 terlihat tidak mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat pers Indonesia beberapa tahun terakhir.

Hal ini diperburuk dengan masih suburnya pola hidup koruptif, kolusif, dan nepotisme di kalangan masyarakat dan birokrasi pemerintahan, termasuk aparat. Pendidikan masyarakat umum yang masih jauh terkebelakang menyebabkan kecerdasan dan melek informasi masih menjadi persoalan bangsa hingga saat ini. Akibatnya, persoalan pers yang dihadapi oleh para pemangku kepentingan, terutama para wartawan masih menjadi mimpi buruk siang dan malam. Kriminalisasi pekerja pers terjadi dari tahun ke tahun, dan cenderung meningkat. Lembaga-lembaga terkait, termasuk organisasi wartawan yang jumlahnya terus bertambah dari waktu ke waktu tidak mampu berbuat banyak untuk mengadvokasi dan memperjuangkan, baik HAM jurnalis pemberi berita maupun HAM masyarakat penerima informasi.

Berdasarkan uraian dan gejala faktual di lapangan belakangan ini, berikut beberapa alternatif pemikiran yang kiranya dapat dikembangkan menjadi wacana bersama untuk dilakukan, yakni:

Amandemen UU Nomor 40 tahun 1999

Langkah ini amat penting untuk menetapkan peraturan pelaksanaan Pasal 28E dan 28F UUD 1945 tentang kebebasan berpikir, kebebasan menyatakan pendapat, dan berkomunikasi serta menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. Pada banyak kasus, sengketa pers justru dipaksakan menggunakan peraturan selain UU Pers. Selain itu, penyaluran dan publikasi informasi melalui media-media online yang demikian marak beberapa tahun terakhir nyaris tidak mampu dilindungi oleh UU Pers. Kehadiran pewarta masyarakat yang mewabah meniadakan sekat-sekat sosial, ekonomi, profesi, pendidikan, bahkan melintas batas bangsa dan teritorial negara, belum terakomodir dalam UU Pers. Lagi, pengertian dari beragam hal terkait jurnalisme telah bergeser dari makna semula, memisal penulis lepas di jaman dulu, saat ini lebih populer sebagai kontributor yang juga menyertakan hasil foto atau video sebagai pendukung tulisannya; juga munculnya terminologi baru dalam dunia pers, seperti citizen journalist, jurnalis back-packer, media sosial, dan lain-lain. Hal-hal ini perlu diatur dalam perundangan yang baru nanti.

Pembubaran Dewan Pers

Pembubaran dapat juga (minimal) berbentuk restrukturisasi kelembagaan Dewan Pers agar benar-benar mampu mengakomodasi kebutuhan penyelesaian masalah delik pers, dan pengembangan pendidikan pers bagi masyarakat banyak. Dunia pers ibarat sekolah maha luas. Masyarakat dari belahan dunia manapun dapat belajar setiap saat melalui media massa, terutama karena ditunjang oleh ketersediaan teknologi informasi dengan beragam perangkat, vitur, maupun sistemnya. Dalam tubuh lembaga Dewan Pers harus mencerminkan berbagai bidang terkait peningkatan kecerdasan pers masyarakat, mediasi dan advokasi jurnalis, serta tidak kalah pentingnya bagian Dewan Pers yang melakukan program pemberdayaan wartawan, baik peningkatan kapasitas dan kapabilitas kerja maupun dari sisi kesejahteraan wartawan.

Pendidikan Jurnalistik Masuk Kurikulum Sekolah

Menulis adalah esensi kemajuan peradaban. Demikian juga pendokumentasian segala budaya dan hasil produk kebudayaan menjadi bagian teramat penting bagi perkembangan sebuah bangsa. Tiada satupun bangsa yang menjadi besar tanpa ditunjang oleh pertumbuhan pengetahuan dan pengembangan teknologi di dalam bangsa tersebut. Pada tataran teknis, kemajuan demi kemajuan di bidang apapun, terutama ilmu pengetahuan dan teknologi hanya dapat dicapai berkat ketersediaan tulisan, data, dan dokumentasi audio-visual yang secara terus-menerus menjadi dasar pengembangan dan sumber inspirasi dari generasi ke generasi. Proses pengembangan kemampuan menulis dan dokumentasi audio-visual yang merupakan bagian dari kemampuan jurnalisme seseorang harus dibina sejak dini, bahkan sejak seorang anak masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak. Pemberian materi pendidikan jurnalistik bagi setiap warga negara secara pasti juga akan meningkatkan kecerdasannya di bidang informasi, komunikasi, dan media massa. Lebih daripada itu, paradigma yang baik dalam berbagi informasi via media sosial (yang merupakan salah satu bentuk publikasi media massa modern) dapat dibentuk, yakni dengan menekankan etika dan moralitas dalam setiap karya "jurnalistik" para siswa. Kementrian Pendidikan amat penting melakukan kajian teknis tentang pola, bentuk dan sistem pengembangan pendidikan jurnalistik bagi siswa sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. (WIL/Red)

Jakarta, 7 September 2015

Penulis adalah Ketua Umum PPWI Nasional, Alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012, trainer jurnalistik warga bagi ribuan anggota TNI, Polri, PNS, guru, dosen, mahasiswa, wartawan, karang taruna, dan masyarakat umum.

COMMENTS

THE LATEST NEWS$type=two$count=2$page=true$va=0

Name

#2019GantiPresiden,9,Abdul Somad,1,Aceh,241,Aceh Besar,1,Aceh Selatan,2,Aceh Tamiang,7,Aceh Tenggara,2,Aceh Timur,4,Aceh Utara,11,Adat,3,ADD,4,Advetorial,6,Afrika,1,Afrika Tengah,1,Agama,12,Agribisnis,2,Ahok,1,Akademi TNI,1,Akmil,1,Aksi Damai,1,Aloeswood,1,Alquran,1,Alumni 93 FH Univ 45 Makasar,1,Alutsista,2,Anak,3,Anies Baswedan,3,APEC,1,apel 3 pilar,1,apel bersama,1,Apel Kesemaptaan,1,Apel Pengecekan Cuti,1,Apel Siaga May Day,1,Apel Tiga Pilar,2,Aqualaria spp,1,Aset TNI,4,Asian Games,23,Asmat,1,AstraZeneca,1,Atlet,2,Babel,1,Babinsa,3,Babinsa Halal Bi Halal,1,Badiklat Kejaksaan,21,Badjoeri,1,Bagi Takjil,1,Bahas Irigasi,1,BAIS,1,Bakamla,9,Baksos Hut TNI ke 73,1,Baksos TNI,1,Bakti Sosial,5,Bakti Sosial Donor Darah,1,Bali,1,Banau,1,Banda Aceh,19,Bandara Kertajati,1,Bandung,4,Bang Japar,2,Banjarnegara,1,Banjir,18,Banjir Losari,3,Banser,1,Bansos,1,Banten,12,Bantu Air Bersih,1,bantuan kursi roda,1,Bantuan Logistik Ke Lombok,1,Bantuan Pengemudi,1,Bantuan Sosial Bencana Palu,1,Bantuan TNI,3,Banyumas,25,Bareskrim,1,Basket,4,Batang,1,Bawaslu,1,Bazar Murah,2,Bazar Ramadhan,1,BBGRM,1,BBM,1,Begal,6,Bekasi,1,Bencal,1,Bencana,51,Bencana Alam,9,Bencana Banjir Brebes,2,Bencana Brebes 2018,1,Bencana Rob,1,Berbagi Takjil,1,Berdoa Bersama,1,Berita Duka,3,Berita Hoax,1,Bhakti Sosial,3,Bimtek Pilkada,1,Bina Linmas,1,Bingkisan Kasad,1,Bingkisan lebaran,1,Bireun,3,Bisnis,2,BNN,4,Bobotoh,1,Bola,2,Bom,6,Bom Molotov,1,BPK RI,1,Brebes,19,Brinus,1,Buah Naga,1,Budaya,46,Buffalo Boys,1,Buka bersama,1,Buka Puasa,1,Buka Puasa Bersama,5,Bulan Bakti Gotongroyong,1,Bupati,1,bupati brebes ucapan selamat,1,Bus Way,1,camat ucapan selamat,1,Capratar,1,Capres 2019,5,Cawapres 2019,1,Cek Urine,1,Cerpen,1,China,1,Cilacap,417,Cinta,1,Croplife Agriwarta Awards 2018,2,Croplife Indonesia,2,CSR,1,Cyber,2,Cyber Crime,2,Daerah,990,Daerah Papua,1,Dakwah,4,Dakwah Islam,2,Damkar,1,Dana Desa,1,Danau Toba,1,Dandim Cilacap Tutup TMMD,1,Danramil,1,Danramil 01/Kota Cilacap Hadiri Baksos HUT Pertamina ke 61,1,Danramil Berikan Materi Wasbang,1,Danramil Lepas Anggota MPP,1,Danramil Pimpin Upacara Bendera di Sekolah,1,Debt Collector,1,Demokrat,1,Demonstrasi,2,Denpom,1,Desa,8,Dewan Pers,30,Difteri,1,Diklat,3,Dirgahayu,1,Dirgahayu RI,8,Dispenad,2,DOA,2,Doa Bersama,7,DOB,1,Donasi,1,Donggala,1,Donor,2,Donor Darah,3,DPD PPWI Banten,2,DPD RI,4,DPN PPWI,2,DPR,2,DPRD,1,DPT Ganda,1,Dragon Fruit,1,Drs. H. Djarot Saiful Hidayat M.S dan Sihar PH,1,Dukacita,1,Dzikir,1,e-Tilang,2,Edaran Dewan Pers,1,Edukasi,163,Ekonomi,75,Ekonomi Budaya,1,Eksploitasi Anak,1,Empat Pejabat Kodam IV/Dip Diserah Terimakan,1,Enterpreneurship,1,Event,1,Fadli Zon,1,Fashion Show,2,Fasum,2,FBR,1,Feature,1,Festival Tabuh Bedug dan Takbir,1,FH Unibos 45,1,Film,10,Film "Guru Ngaji",1,Financial,1,FJKS,1,Forkompimcam Doa Bersama,1,Forkompimda Cek TPS,1,Forkompimda Cilacap Cek Pos Pam Lebaran,1,Forkompimda Cilacap Konferensi Pers,1,Forkopimcam,2,Forkopimda,2,Forkopimda Brebes Menanam Bibit Magrove dan Bibit Cemara Laut,1,Forum Silaturahmi Kehumasan,1,Foto,6,FPII,1,Fusion Jazz,1,Fusion Stuff,1,G30S,9,G30S/PKI,17,Gaharu,1,Gaji,1,Galau,1,GAM,1,Gambatte,1,Ganjil Genap,3,Garjas,1,Gaza,1,Gedung Joang,1,Gempa,14,Gempa Bumi,1,Gempa Donggala,3,Gempa Lombok,22,Gempa Lombok Timur,1,Gempa NTB,1,Gempa Palu,2,Gempa Situbondo,1,Gerhana,1,Gerindra,1,Giziburuk,6,Gladi Posko,1,Gladi Posko 1,1,Golkar,1,Gotong Royong,1,Gowes Sepeda Sante Bersama Masyarakat,1,Grobogan,4,Gugatan,1,Gugatan Dewan Pers,1,Gunungsitoli,1,Guru,1,Habib Rizieq Shihab,2,Hacker,1,Halal bi halal,3,Halal Bihalal,4,Halal Bihalal Forkompimda,1,HAM,1,Hankam,2083,Hanura,1,HAORNAS,1,Hari Batik Nasional,2,Hari Bayangkara,1,Hari Kartini,1,Hari Kebangkitan Nasional,1,Hari Lahir Pancasila,2,Hari Lahir Pancasila ke 73,1,harkitnas,1,Harry Moekti,1,Headline,489,Hiburan,10,Hoax,4,HPN,1,HSN,1,Hukum & Kriminal,338,Humas,3,HUT,60,HUT 1 IMC,2,HUT AAU,1,HUT Bhayangkara ke 72,4,HUT Bhayangkara ke-72,1,HUT Ke-73 RI,1,HUT Korem ke -57,1,HUT RI,3,HUT RI Ke-73,9,Hut RRI Ke-73,1,HUT SOGO ke-28,1,Hut TNI,2,HUT TNI ke 73,6,Idul Adha 1439H,7,Idul Fitri,1,Ikatan Sarjana dan Profesi Perpolisian Indonesia (ISPPI),1,Iklan,3,ILC,1,ILO,1,IMC,2,IMC Peduli,1,IMC TV,1,IMF,1,IMO,1,Independence Day,1,Indobatt,1,Infrastruktur,5,Inspirasi,2,Internasional,68,International,3,IPB,1,IPJI,1,Irjen Polisi (Purnawirawan) Drs. Erwin TPL Tobing,2,Irwandi Yusuf,1,ISIS,1,Islam,5,Islam Nusantara,1,Israel,1,istri prajurit pengrias pengantin,1,Jabar,2,Jabodetabek,201,Jadwal Sholat DKI,2,Jakarta,7,Jakmania,1,Jam Komandan,3,Jambanisasi,1,Jambret,2,jamdan,1,Jateng,395,Jatim,8,Jazz,1,Jokowi,21,Julius Naisama,1,Jumat Bersih,1,Jurnalis,1,Kalibata City,1,Kalijodo,1,Kampus,75,Kamtibmas,6,Kanker Paru,1,Kapal Tenggelam,1,Kapolsek Sambangi Desa Binaannya,1,Kapten Inf Sudarso Jabat Danramil 13/Majenang,1,Karate,1,Karbak,1,karbak memperingati HUT TNI Ke-73 tahun 2018,1,Karnaval,3,Karnaval Peringatan HUT Proklamasi,1,Karnaval Peringatan HUT Proklamasi RI Ke-73,1,Karya Bakti,6,Karya Bhakti,4,Karya Bhakti bersih sampah,1,karya bhakti perbaikan jembatan,1,Kasad Pimpin Upacara HUT TNI ke 73 di Papua,1,Kawal Logistik Pilkada,1,Kawal Pilkada Jateng,2,KB,1,KB Kes,1,KB Kesehatan,1,Kebakaran,12,kebakaran di perkebunan jati hutan,1,Kebumen,1,Kecelakaan,1,Kecelakaan laut,3,Kecelakaan Pesawat,1,kegiatan percepatan tanam Padi Situbagendit,1,Kejaksaan,154,Kekerasan Anak,1,keluarga besar Kodim 0713 Brebes,1,Kemampuan Teritorial,1,Kemanusiaan,5,Kemarai,1,Kemarau,2,Kemendes PDTT,1,Kemenhub,2,Kemenperin,5,Kementan,1,Kemerdekaan,41,Kenakalan Remaja,1,Kepresidenan,1,kerja bakti,2,Kerusuhan,1,Kesehatan,47,Ketenagakerjaan,1,Ketua “Relawan DjoSS4Sumut”,1,Ketua Dewan Pembina Relawan DjoSS4Sumut,1,Ketum PPWI,1,Kirab Tunas Kelapa Ke-34 2018,1,KKSB,10,KNKT,2,KNPI,1,Kodam,8,Kodam Cendrawasih,1,Kodam IV,30,Kodam IV/Dip,3,Kodim,85,Kodim Cilacap,1,Kodim Banyumas,1,Kodim Batang,430,Kodim Bondowoso,1,Kodim Brebes,248,Kodim Brebes Doa bersama,1,Kodim Brebes Gelar Binsiap Apwil dan Puanter,1,Kodim Brebes Gelar Pemeriksaan Kendaraan Dinas,1,kodim brebes ziarah hut korem ke 57,1,Kodim Cilacap,214,Kodim Salatiga,2,Kodim Salurkan Zakat Fitrah,1,Kodim Semarang,2,Kodim Sleman,1,Kodim Sukoharjo,1,Kodim Wonogiri,13,Kodim Yogyakarta,1,Kolom,19,Kominfo,1,Kompolnas,1,Komsos,18,komsos dengan berkotbah,1,Komsos Kreatif Korem Tahun 2018,1,Komsos TNI,18,KONI,1,Kopassus,3,Koperasi,1,Koramil,32,Koramil Siapkan Rest Area,1,Korem,31,Korem 071,6,Korem 071/WK,27,Korem 072/Pamungkas,1,Korem 072/Pmk,2,Korlantas,1,Korupsi,17,Koruptor,1,Kota Tua,2,Kotacane,1,KPAI,33,KPK,1,KPU RI,1,Krimalisasi Pers,1,Kriminalisasi Jurnalis,2,Kriminalisasi Pers,14,Kriminalisasi Wartawan,2,KRL,1,KSPI,3,Kuliner,2,Kuningan,1,kunjungan tim SPI dan tim lomba binter,1,kunjungan tim verifikasi,1,kunjungan tim wasev kodam iv di kodim brebes,1,kunjungan wasev kodam iv diponegoro,1,kunker dandim brebes,1,Kunker Mentan pelepasan bawang ekspor,1,Kupang,2,Kurban,4,Laka,1,Laka Lantas,1,Laka Laut,1,Lakalantas,11,Lalu Lintas,2,Lalulintas,8,Lanal Cilacap,1,Langsa,6,laporan korp kenaikan pangkat,1,Larantuka,2,Lari 10 K,1,Latihan 250 Parako di Tugu Kopassus Brebes,1,latihan gabungan senam gemu famire,1,Latihan Menembak,2,Latihan Menembak Senjata Ringan,1,Latihan PBB,3,Latihan Posko I,1,launching bulan dana PMI,1,launching kampung asian games 2018 di desa kalimati brebes,1,Layanan Polri,2,Layanan Samsat,1,LBH,2,Leasing,1,Lebanon,8,Lebaran,27,Lebaran 2018,1,Ledakan,4,Lembata,17,LGBT,7,Lhokseumawe,9,Lhoksukon,1,Limbah,1,Lingkungan,19,Lion Air JT610,2,Lippomall Kemang,1,Listrik,1,Loker,1,Lomba Marching Band Komsos Kreatif Tahun 2018 Piala Danrem 071,1,Lomba Menembak,2,lomba safety riding,1,Lomba Senam Gemu Famire,1,Lombok,8,London Love Story 3,2,Longsor,16,Longsor Brebes,1,LRT,1,LSM,2,Luka Rindu,1,M. Anton Sipahutar SE,1,M.Sc MA,1,Ma'ruf Amin,1,Mabesad,1,Madiun,1,Magang,1,Magang Jepang,1,Magelang,1,Magetan,1,Mahfud MD,2,Makar,2,Makassar,1,Mako Brimob,1,Malam Pisah Sambut Dandim,1,Malaysia,2,Manfaat Buah Naga,1,Marathon,1,Marinir,1,Maroko,1,Mayjen TNI (Purn) Tatang Zaenudin,1,Medan,2,Media,1,Media Baru,1,Media Sosial,1,Medsos,2,menggelar Binroh (Bimbingan Rohani),1,Menggugat Dewan Pers,6,Menggugat DP,1,Menkominfo,1,Menyaksikan Pemberian Remisi Umum,1,Mesum,1,Militer,1,Minggu Militer,1,MKGR,1,MOI,1,Money Laundry,1,Mudik,12,Mudik 2018,1,Mudik Lebaran,1,Muh. Suherman,1,Munas IPJI,1,Musafir,1,Musibah,2,Music,1,Musyawarah KNPI,1,Nagan Raya,3,Napiter,2,Narkoba,35,Nasional,266,Nasionalisme,1,Natal,10,Netralitas,1,Netralitas TNI,1,New Year,16,News,489,Ngelem,1,Nias,2,Nizal Dahlan,1,NKRI,4,Nobar Film 22 Menit,1,Nobar Film G 30 D/PKI,1,NTB,2,NTMC Polri,1,NTT,58,NU,1,Ojek Online,1,OJOL,1,Olah Raga,6,Olahraga,3,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra Candi,1,Opini,32,OPM,2,Organisasi,6,Organisasi Persit,1,Organisasi Wanita,1,Orgnisasi,1,Ormas,4,Ormas Pemuda Pancasila,1,Oso,1,OTT,2,OTT KPK,1,outclass dalam Kemah Bakti Osis,1,Pabrik Kayu Terbakar,1,Padang,3,Padat Karya,2,Pahlawan,1,Pajak Motor,1,Palembang,1,Palestina,3,Palu,4,Pam Arus Balik Lebaran,1,Pam Idiul Fitri 1439 H,1,Pam Lebaran,2,Pam Libiran Idul Fitri,1,Pam Pilkada,2,Pam Sholat Idul Fitri,1,Pam Stasiun KA,1,Pam.Pilkada,1,Pameran Alutsista,1,Pancasila,6,Panen Padi Program Ketahanan Pangan Kodim 0713/Brebes,1,Pangan,1,Pangdam Halal Bihalal,1,Pangdam IV Halal Bihalal,1,Pangdam IV Lepas Kontingen Porad,1,Pangdam IV Silahturahmi dengan Forkompimda,1,Pangdam IV/Diponegoro Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Baru Unsoed,1,Panglima TNI,2,Panglima TNI dan Kapolri pantau arus mudik,1,Panitia Penjemputan Imam Besar (PPIB),1,paparan persiapan Latihan Taktis (Lattis) Intel,1,Papua,26,Papua New Guinea,1,Pasar Blok B Tanah Abang,1,Paskibraka,3,Pasuruan,1,Patroli,7,Patroli Bersama Polri,2,Pawai Obor,1,PBB,9,PBNU,1,Pecel Lele,1,Peduli Sosial,1,Pegebroran,1,Pekalongan,1,Pekanbaru,9,pelajar mendapat santunan,1,Pelanggar Lalulintas,1,Pelantikan dan Pembekalan PPDK Kecamatan Bulakamba,1,Pelantikan Pengurus Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Brebes,1,Pelantikan Perwira TNI Polri,3,Pelatihan Disiplin,1,Pelayanan KB Kes,1,Pelecehan Seks,1,Pelepasan Dandim Brebes,1,peletakan batu pertama,2,peletakkan Batu Pertama Barak Siaga Kodim Brebes,1,Pemakaman Serda (Purn) Darmo,1,pemasangan bendera disepeda motor dinas,1,Pemasangan Bendera merah putih,1,Pembagian Sembako,1,Pembangunan Jembatan Gantung,1,pembekalan binsik dan PBB,1,Pembekalan Wasbang,1,pemberian taliasih kepada veteran,1,Pembinaan Mental dan Ideologi Kejuangan,1,Pembinaan Peningkatan Kemampuan Apkowil,2,pembukaan kejuaraan Dandim 0713 Cup 2018,1,Pembukaan TMMD,4,Pemda,24,Pemeriksaan Bakal Calon Kades,1,Pemerintah,15,Pemilu,2,Pemilu 2019,7,Pemindahan Napi,1,Pemkot,1,Pemuda Muslimin Indonesia,1,Pemuda Pancasila,2,Penambangan Liar,1,Penanaman 8000 pohon di Jatibarang,1,penandatanganan zona integritas,1,Pencemaran Lingkungan,1,Pencurian,3,Pencurian Polda Metro Jaya,1,Pendam IV,13,Pendidikan,33,Pendidikan Raider,1,Penduduk,1,Penerangan Indobatt. TNI. Internasional,1,Pengamanan,3,Pengamanan Kepulangan Jamaah Haji,1,Pengamanan Stasiun,1,Pengamanan Stasiun KA,1,pengamanan turnamen sebakbola,1,Pengecekan pendiatribusian logistik pemilukada,1,pengecekan rel kereta api,1,Penghijauan,2,Pengosongan Rumah Dinas,1,Pengukuhan Paskibra Tanjung,2,Penhijauan,1,Penrem 071/WK,1,Pentingnya Wasbang Bagi Generasi Muda,1,Penutupan Disusbasus TNI,1,Penutupan Latihan Komando,1,Penutupan Raider,1,Penutupan TMMD Sengkuyu II TA. 2018,4,penutupan turnamen sepakbola Dandim Brebes Cup 2018,1,penyampaian kasdim brebes sebelum kejuaraan karate,1,penyerahan piagam penghargaan secara simbolis,1,Penyuluhan hukum,1,Penyusunan RKPDesa,1,Peragaan Seragam Korpri Baru,1,Perdata,5,Peresmian Jalur Tol Colomadu,1,peresmian kampung lalu lintas,1,peresmian rehab koramil,1,Peringatan Haornas Ke 35 Di Alun-Alun Brebes,1,Peringatan Hari Kesaktian Pancasila,1,peringatan HUT TNI Ke-73,1,Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW 1440 H,1,Peringatan sumpah pemuda,1,Peringati HUT Propinsi Jateng Ke-68,1,Peristiwa,61,perlombaan memeriahkan HUT RI,1,Pers,66,Persatuan Pewarta Warga Indonesia,1,Persekusi,2,persiapan pembersihan sungai sigeleng brebes,1,Persiapan Pilkada,1,Persit,8,Persit Brebes Pelatihan Table Manner,1,Persit Brebes Peraih 2 Medali Emas Sea Games,1,Persit dan Bhayangkari Polres Brebes Bagikan takjil gratis,1,Pertanian,88,pertemuan persit,1,Perumahan,1,Pesantren,1,Pesantren Kilat,1,Phitaya,1,Pidato Kenegaraan Presiden RI Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Brebes,1,Pidie,3,Pidie Jaya,1,Pilgub,1,Pilgubjabar,2,Pilkada,33,Pilpres,7,Pilpres 2019,24,PKI,6,PKS,1,Playground,1,Plh. Gubernur,1,Plt. Gubernur,1,PLTB,1,PMI,3,PMJ,4,PMPP TNI,1,Pokja,7,Polantas,1,Polda Jateng,1,Polda Metro Jaya,9,Polhukam,1,Polisi Gadungan,2,Polisi Represif,1,Politik,184,Polres,15,Polri,111,Polri dan Relawan Padamkan Kebakaran Hutan,1,Pon,1,Ponorogo,1,Ponpes,2,Porad,2,Posyandu,1,PPP,1,PPWI,26,PPWI Banten,1,pra TMMD,1,Prabowo,6,Prabowo-Sandi,3,prajurit kodim brebes melatih karate,1,Pramuka,14,Pramuka Saka Wira Kartika,1,Pray for Lombok,1,Presiden,1,Presiden Joko Widodo,3,PROJO,1,Prona,2,Prostitusi,1,Prostitusi Online,1,Psikopat,1,Puasa,3,Puisi,4,Purbalingga,4,Purnawiran TNI-Polri,1,Pusat Grosir Blok B Tanah Abang,1,Puspen TNI,55,Putri PPWI,1,PWI,2,Qurban,10,Radikalisme,2,Ragam,50,Raider,1,Rakerda FKPPI,1,Rakor penertiban bangunan liar,1,Rakor Sinkronisasi Data Pajale,1,Ramadhan,9,ramah tamah dan silaturahmi dengan forkopimda,1,Rampas Motor,1,Rapat Konsultasi,1,rapat pleno,1,Rastra,1,Razan Najjar,1,Razia Polisi,1,RDP,1,RDP DPD RI,1,Reformasi,1,Reklamasi,17,Reklamasi Pantai,3,Reklamasi Pantai Balauring,1,Reklamasin,1,Rekor Dunia Menari Maumere,1,Relawan DjoSS4Sumut,3,Religi,61,Renungan Suci di TMP Bumiayu,1,Resepsi HUT Kemerdekaan RI Kecamatan Tanjung,1,Rest Area Koramil 13/Majenang,1,Riau,2,Rindam IV,1,Rinjani,2,Risma,1,RKPDesa,1,Rohingya,1,RPI,6,RTLH,1,Rumah Pejuang,1,Rumah Pejuang Indonesia,1,Rupiah Melemah,1,safari ramadhan,3,Sahur bersama,1,Sambut HUT RI. Ke-73,11,Samsat,1,Samsat Keliling,1,Sandi Uno,1,Sandiaga Uno,2,Santri,2,Sarasehan Penerimaan Pramuka Estafet Tunas Kelapa Ke-34 Brebes,1,Screenplay Films,3,Screenplay Production,2,Sekolah,46,Selebriti,1,Semarang,25,Seminar,1,Senam Gemu Famire,2,Seni Buadaya,1,Seni Budaya,11,senjata,1,senkom mengucapkan selamat HUT TNI,1,Sepak Bola,1,Sepakbola,7,Separatisme,1,Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah N 8 Cilacap,1,Serah Terima Kasdam IV,1,Serang,1,serba serbi,43,Serba serbi Bulan Ramadhan,1,Serba serbi Idul Fitri 1439 H,1,Serba Serbi Ramadhan,1,Serba Serbi Ramadhon,1,Serba-serbi,1,Sergap,2,Sertifikat Tanah,1,Sertijab,2,Sertijab dan Alih Tugas Perwira Kodim 0713,1,sertijab dandim brebes,1,Sertijab Ketua Persit Cabang,1,Setijab Danramil,1,Shalat Idul Adha 1439 H,1,Sholat Idul Fitri,1,Sholat Ied Idul Fitri 1439 H,1,Siaga,1,Sidoarjo,2,Sigli,1,SIM,2,SIM Keliling,1,Simalakama,1,Simeulue,1,Simulasi Kebakaran dan Pencurian Minyak,1,Sinergi Amankan Wisata,1,Sinergis TNI-Polri,9,Sinergitas Pemda Wonogiri,1,Sinergitas TNI dengan Media,3,Sinergitas TNI-Polri,6,Siraman Rohani,1,Slank,1,SmartCity,1,Sogo Dept. Store,1,Solo,1,Solok,2,Somasi,1,Sosial,175,Sosial Budaya,2,Sosialisasi,2,Sosialisasi Bahaya Narkoba,1,Sosialisasi Balatkom,1,Sosialisasi Kebencanaan,1,sosialisasi pemilu,1,Sosmed,1,Sosok,1,Sport,47,SPRI,1,Standard Chartered,1,Street Crime,2,Subulussalam,1,Sudan,1,Suka Makmue,1,Sumatera,6,Sumatera Utara,1,Sumbar,1,Sumpah Pemuda,8,Sumut,1,suntik vaksin hepatitis B,1,Surabaya,1,Surat Terbuka,1,surprise,2,Surprise TNI Hut Bahayangkara Ke-72,1,Surveyor Akreditasi FKTP Tim Kemenkes RI,1,Swasembada Pangan,14,Syariat,1,syukuran peringati HUT TNI,1,Tahun Baru,7,Tahunbaru,1,Takbir Keliling,1,Takengon,1,Tambang Minyak,1,Tanah Longsor,1,tanggapan warga giat karbak,1,Tarhim,2,Tarkhim Bulan Ramadhan,1,Tarling,1,Taruna,1,Tawuran,2,Tawuran Pelajar,1,Tegal,5,Teknologi,6,Tennis,2,Ternak,1,Teror,6,Teroris,14,Teroris Kaliurang,2,Terorisme,10,Tes Jasmani,1,tes urin,1,tes urine,1,tes urine selepas pelaksanaan Upacara Bendera,1,The Jak,1,The Perfect Husband,2,THR dan Bingkisan,1,Tilang,1,Tim Gabungan TNI,1,Tim Wasev,1,Tingkatkan Sinergitas,1,Tinju,1,TMMD,185,TMMD Sengkuyung II Kodim 0713/Brebes,1,TNI,861,TNI Awasi Keberadaan Orang Asing di Wilayahnya,1,TNI Berduka,1,TNI Manunggal Kesehatan,1,TNI-POLRI,9,TNI-Polri dan Dinas LH Brebes Gugah Warga Bersihkan DAS,1,TNI-Polri Nobar,1,Toko Sepatu Anak,1,Tokoh,12,Tol,1,Transportasi,1,Trauma Anak,1,Tritura Buruh,1,Tsunami,7,Tsunami Palu,3,Turnamen,1,turnamen sepakbola Dandim 0713 Cup 2018,1,UAS,1,UKP,1,UKW,1,Ulama,6,Ultah,1,UMKM,1,UN,1,Unjukrasa,1,Untirta,1,Upacara,3,Upacara Hari Kebangkitan Nasional,2,upacara 17 agustus,1,upacara 17-an,1,upacara awal bulan Juni 2018,1,Upacara Bendera,7,upacara bendera 17-an,1,upacara bendera Senin pertama bulan Agustus 2018,1,Upacara Hari Kebangkitan Nasional,1,upacara hari kesaktian pancasila 2018,1,Upacara Hari Lahir Pancasila ke 73,2,Upacara Hari Pahlawan,1,Upacara Hut TNI ke 73,2,upacara korp raport,1,Upacara Militer,1,upacara minggu 4 juli 2018,1,upacara minggu milter,1,Upacara Pelepasan Anggota MPP,1,Upacara Pelepasan Pramuka Estafet Tunas Kelapa Ke-34 Kwartir Cabang Brebes,1,upacara pembukaan TMMD,2,Upacara Penurunan Bendera HUT Ke-73,1,Upacara Penutupan TMMD Ke-103 TA. 2018,1,Upaya Publikasi Destinasi Wisata Bumiayu Brebes,1,UU Pers,2,UUITE,1,Valentine,1,Vidcon,1,Video,4,Volley,2,Wagub DKI,2,Wakasad Tutup TMMD,1,Wapres,1,Wapres 2019,1,Wartawan,6,Wasbang,1,Wasrik,1,Wawasan kebangsaan,1,Wilio,1,Wilson Lalengke,3,Wisata,13,Wonogiri,4,Wonosobo,1,Wujudkan Pemilu Damai,1,Yance,2,Yatim,1,Yatim & Dhuafa,1,Yogyakarta,2,Zakat,1,Ziarah HUT TNI,2,Ziarah Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018,1,Ziarah Peringati Harkitnas,1,Zionis,1,
ltr
item
Indonesia Media Center: Jurnalis Dikriminalisasi, Dewan Pers Tak Berguna dan Harus Dibubarkan
Jurnalis Dikriminalisasi, Dewan Pers Tak Berguna dan Harus Dibubarkan
http://3.bp.blogspot.com/-3L53ZszyVtE/WyuxmGtVp7I/AAAAAAAAQg8/dz0eWmfeq5g21fF1_PbVJ8QDHp-PjAefwCK4BGAYYCw/s320/IMG_0332-767852.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-3L53ZszyVtE/WyuxmGtVp7I/AAAAAAAAQg8/dz0eWmfeq5g21fF1_PbVJ8QDHp-PjAefwCK4BGAYYCw/s72-c/IMG_0332-767852.jpg
Indonesia Media Center
http://www.indonesiamediacenter.com/2018/06/jurnalis-dikriminalisasi-dewan-pers-tak.html
http://www.indonesiamediacenter.com/
http://www.indonesiamediacenter.com/
http://www.indonesiamediacenter.com/2018/06/jurnalis-dikriminalisasi-dewan-pers-tak.html
true
844235206098878914
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy