Navigation

Danramil 09/Kawunganten : Nilai Pancasila Hendaknya di Amalkan Dalam Kehidupan Bermasyarakat





Cilacap |Jateng, IMC - Danramil 09/ Kawunganten Kapten Inf. S.U. Suwarjono, Tarhim bersama dengan segenap unsur Forkopincam Bantarsari beserta para Perangkat Desa dan warga masyarakat Desa Bantarsari bertempat di Masjid Al Hikmah Desa Bantarsari Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Rabu (06/06).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala UPTD Puskesmas Bantarsari yang diwakili Tri Sabdono, SKM,  Koordinator PP, PA dan KB Bantarsari yang diwakili Aspandi, Kepala Desa Bantarsari Ngato Urohman, Imam Masjid Al Hikmah Kyai Nur Rosikin serta para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat setempat.

Terlebih dahulu kegiatan ini di mulai dengan acara pembatalan puasa, sholat Maghrib berjamaah, buka bersama, sholat Isha dan sholat tarawih. Dalam sambutannya, Ta'mir masjid Al Hikmah ucapan selamat datang kepada team Tarhim Kecamatan Bantarsari. Demikian pula halnya dengan Kepala Desa Bantarsari Ngato Urohman juga mengucapkan  selamat datang dan ucapan terimakasih kepada takmir masjid yang sudah menyiapkan tim tarhim dengan baik.

Dalam sambutannya Ngato Urohman menyinggung tentang bantuan non tunai yang turun ke masyarakat. Menurutnya, tidak semua warganya mendapatkan bantuan tersebut. Untuk itu dirinya mengharapkan agar hal ini tidak merusak keharmonisan diantara warga masyarakatnya. Tidak hanya itu, Kepala Desa Bantarsari tersebut juga menyampaikan beberapa kegiatan pembangunan di desanya seperti peningkatan jalan rijig beton, drainase, talud serta gapura. " Mari  kita sengkuyung dan kita pelihara biar awet." tandasnya

Sementara itu pada acara tersebut, Danramil 09/Kawunganten Kapten Inf S.U. Suwarjono menambahkan beberapa hal dan diantaranya menyikapi tentang peringatan Hari Lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni kemarin. Menurutnya Pancasila jangan dijadikan pajangan ataupun slogan saja, namun hendaknya nilai Pancasila diamalkan didalam kehidupan bermasyarakat. " Pancasila adalah dasar negara kita, kalau kita amalkan dengan sungguh-sungguh di dalam kehidupan bermasyarakat, maka niscaya kita akan guyub rukun, tidak ada terorisme ataupun tumbuh faham radikalisme lainnya," terang Danramil

Dirinya mengharapkan agar seluruh warga peduli dengan lingkungan seperti halnya kalau ada orang asing yang tidak dikenal, dekati, cari tahu apa kegiatan mereka, sehingga wilayahnya aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
       
Hal yang sama juga disampaikan Camat Bantarsari Yani Yustianta, S.STP. MM tentang keamana. Menurutnya, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H tinggal beberapa hari lagi. Untuk itu dirinya menghimbau kepada segenap warga masyarakat Kecamatan Bantarsari agar selalu memperhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiil.

Selain itu, Yani Yustianta juga mengucapkan banyak terima atas terselenggaranya kegiatan ini. " Kegiatan tarhim ini merupakan salah satu bentuk pendekatan Pemerintah Kecamantan kepada Pemerintah Desa, sehingga tujuan dalam menjalin silaturahmi, menyampaikan informasi dan  menyerap aspirasi dari masyarakat tersampaikan." ungkapnya. (U/S)
Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: