Dandim 0703/Cilacap : Festival Tabuh Bedug Sangat Tepat Sambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H




Cilacap | Jateng, IMC  -  Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Pirwanto bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap,  OPD, BUMN/BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat merayakan malam takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H dengan menggelar festival Tabuh beduk yang diikuti oleh perwakilan dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap. Acara berlangsung di Alun alun Kabupaten Cilacap, Jumat  (14/06) malam.

Hal ini sesuai keinginan Bupati Cilacap H. Tato Suwarto Pamuji yang menginginkan malam takbiran tahun ini diisi dengan kegiatan festival tabuh bedug dan gema takbir dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H agar suasana penyambutan hari raya Idul Fitri tahun ini berjalan dengan meriah dan dapat dinikmati oleh seluruh warga masyarakat Kabupaten Cilacap.

Selain itu, kegiatan ini sebagai siar islam dan meningkatkan ukuwah islamiah  sesama umat muslim. Sasarannya yakni para pecinta seni tabuh bedug yang ada di Kabupaten Cilacap.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahunnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap pada malam takbiran sebagai perayaan hari kemenangan umat muslim setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.

Selanjutnya kegiatan festival ini dibuka langsung oleh Bupati Cilacap dengan ditandai dengan gema takbir dan tabuh bedug oleh semua unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap dan OPD. Kegiatan ini semakin meriah tatkala peserta festival bedug mulai menunjukan kebolehannya di atas panggung.

Adapun sebelumnya kegiatan lomba pukul bedug telah dilakukan di tiap-tiap kecamatan dan yang menang akan kembali diadu di tingkat kabupaten Cilacap pada malam takbiran ini. Ada beberapa kriteria penilaian dewan juri  harus dilakukan oleh setiap peserta lomba tabuh bedug ini yaitu diantaranya ketepatan antara suara dan musik, kekompakan serta ketepatan waktu yang telah ditentukan.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto yang pada tahun ini baru menyaksikan festival tabuh bedug yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap, sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh Pemda Kabupaten Cilacap.

Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat untuk menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, serta sebagai sarana para pecinta seni tabuh bedug untuk menyalurkan bakatnya.

Dirinya berharap, dengan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi umat Islam terhadap pentingnya penghayatan nilai syiar Islam.
Di samping itu, juga dapat meningkatkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT untuk berbuat kebaikan dan meraih kemenangan setelah digembleng selama bulan ramadhan". Pungkasnya. (Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال