Indonesia Media Center (IMC)

Dandim 0703/Cilacap Bersama Kapolres Pantau Langsung Pengamanan Pilgub 2018


Cilacap | Jateng, IMC - Kapolres Cilacap  AKBP Djoko Julianto, S.I.K., M.H, bersama Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto, turun langsung melakukan pengecekan pelaksanaan pengamanan pemungutan suara di TPS  wilayah Kabupaten Cilacap,  Rabu (27/06).

Dalam pengecekan tersebut, Kapolres didampingi Dandim 0703/Cilacap mengatakan, guna memastikan tahap pemungutan suara pemilihan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah  2018 aman dan tidak menemui kendala, maka pihaknya bersama Forkompimda Kabupaten Cilacap melakukan pengecekan di TPS-TPS. "Hal ini kita lakukan untuk memantau situasi kamtibmas selama tahap pemungutan suara," jelas Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto.

Lebih lanjut, Kapolres Cilacap  mengatakan, amannya proses pilkada bukan hanya peran dari unsur pengaman yang dilakukan oleh Polri, TNI, Satpol PP dan Linmas, namun peran dari warga juga sangat berpengaruh dalam mewujukan pesta demokrasi yang jujur dan adil serta aman.

"Pilkada ini adalah tanggung jawab kita bersama, semua wajib mengawal proses demokrasi ini agar berlangsung aman dan damai, " ujarnya.

Sebelum melakukan pengecekan ke TPS- TPS terlebih dahulu Kapolres juga telah memberikan penekanan kepada seluruh personel yang bertugas di TPS agar tetap menjaga netralitas sebagai anggota Polri dalam Pilkada sesuai dengan intstruksi Kapolri dan Kapolda Jawa Tengah.

"Tugas Polri hanya melaksanakan pengamanan dan mengawal proses demokrasi agar berjalan aman, lancar dan sesuai dengan amanat undang-undang," terang Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto dalam kegiatan pengecekan tersebut juga  mengingatkan kepada personel Babinsa agar dalam bertugas menjaga nama baik TNI.

"Kepada anggota Babinsa yang bertugas jaga netralitas TNI, hindari pelanggaran, jaga faktor keamanan, dan jangan bertindak sendiri jika ada permasalahan, namun lakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian maupun KPU dan Panwaslu Kabupaten Cilacap, karena anggota TNI harus netral dan kita sifatnya hanya membantu pihak Kepolisian". Tandas Dandim. (Sty)
Share
Banner
loading...

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: