1 Ha Demlot Padi Sawah TNI Hasilkan 5,5 Ton Gabah Kering,Dandim 0736/Batang Panen Raya

Batang | Jateng, IMC - Hasil penamanam bibit yang dilakukan Kodim 0736/Batang  di Demplot Padi Sawah yang bekerjasama dengan petani Desa Gringsing menuai hasil. Demplot padi sawah percontohan ini berada di Dusun Dempet, Desa Gringsing Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Jawa Tengah. Dandim Letkol Kav Henri Rudi Judianto Napitupulu  dengan bangga melakukan panen raya di demplot padi sawah seluas 1 hektar itu dengan menghasilkan 5.5 ton gabah kering, Jumat (8/6/18).

Tampak hadir dalam kegiatan ,Dandim 0736/Batang Letkol Kav.Henry Rudi Judiyanto Napitupulu, beserta Perwira Staf dan Danramil di jajaran Kodim 0736/Batang dengan didampingi Kepala Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Gringsing Rokhati , para Kades dan Gapoktan Gringsing, Mentosari, Kutosari, dan Lebo, serta puluhan petani saat menggelar panen raya yang dilakukan di bulan Ramadhan tahun 2018 ini.


Dalam kesempatan itu Dandim Batang Letkol Kav Henry Rudi Judiyanto Napitupulu ,sangat gembira wajahnya berseri-seri.Ia mengatakan,  bahwa panen ini menunjukkan langkah ketahanan pangan yang dilaksanakan TNI, mendapatkan hasil yang optimal.TNI sebagai pembina telah berhasil menunjukkan bahwa produksi pangan dapat optimal dengan kerja yang maksimal.
Luas lahan 1 hektar ini menjadi lahan uji coba, dengan tujuan untuk perbandingan padi lokal dengan bibit baru yang datang langsung dari  BP3K jenis Situ Bagendit, selaku tenaga pendamping produksi padi sawah ini. TNI memberikan dukungan tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen. Hasil panen yang maksimal ini, diharapkan menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah Kec.Gringsing Kab.Batang,"ungkapnya.
Di samping itu untuk peningkatan ketahanan pangan dan mewujudkan swasembada pangan nasional, telah disanggupi TNI untuk diberdayakan ke masyarakat Indonesia. Penanaman demplot padi sawah wilayah Kodim 0736/Batang membuktikan bahwa ketahanan pangan di Indonesia dapat terwujud.
Menurut Letkol Kav Henry Rudi Judiyanto Napitupulu,  tugas tambahan yang diemban prajurit TNI, bukan mengambil pekerjaan pemerintah, melainkan membantu pemerintah dan masyarakat petani, agar mampu mengaplikasikan swasembada pangan,seperti diamanahkan Presiden Bapak Ir.Joko Widodo ,"ujarnya.(Pen-0736)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال