Sertu Sodirin Berikan Materi Kepemimpinan dan Survival Kepada Peserta Gladi Potensi TRC UBALOKA




Cilacap | Jateng, IMC - Dalam rangka memberikan pembekalan kepada para peserta gladi potensi Tim Reaksi Cepat Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (TRC UBALOKA) Kwartir Ranting 110102 Kawunganten,

Cilacap - Batiwanwil Koramil 09/ Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap, Sertu Sodirin berikan materi leadership (Kepemimpinan) dan survival kepada 13 orang peserta gladi potensi TRC UBALOKA bertempat di Lapangan Desa  Sarwadadi, Kecamatan Kawunganten, Jumat (11/05).

Menurut Sertu Sodirin, "Gladi potensi TRC UBALOKA Kwaran 110102 Kawunganten merupakan tindak lanjut dari gladi potensi TRC UBALOKA tingkat Kwarcab 1101 Cilacap  yang bergerak di bidang pertolongan dan tugas-tugas kemanusiaan, sekaligus sebagai upaya penggalian potensi regenerasi anggota TRC UBALOKA di Kwaran 110102 Kawunganten." Ujarnya.

Lebih lanjut, dengan materi  kepemimpinan dan survival ini diharapkan agar peserta gladi potensi TRC UBALOKA Kwaran 110102 Kawunganten mempunyai jiwa kepemimpinan, diantara Taqwa yang merupakan landasan moral seorang pemimpin, selain itu pemimpin juga harus bisa memberikan contoh serta menggugah semangat ditengah-tengah anggotanya serta sanggup dan berani memberi koreksi.

Selain sifat-sifat diatas, diharapkan "seorang pemimpin juga bisa bertingkah laku sederhana dan tidak berlebih-lebihan, mempunyai loyal timbal balik yakni loyal keatas, kebawah maupun kesamping,  dan yang tidak kalah pentingnya pemimpin itu harus bertanggung jawab atas tindakannya dan pada waktunya ikhlas menyerahkan tanggung jawab dan kedudukan kepada generasi berikutnya," tandas Sertu Sodirin.

Kemudian sebagai seorang Pramuka apalagi TRC UBALOKA juga harus mempunyai bekal Survival sehingga mampu mempertahankan diri dari situasi dan keadaan apapun juga, "mampu mempertahankan diri dari keadaan yang buruk dan kritis," katanya.

Dalam kondisi seperti ini tantangan seorang survivor yang sangat dominan adalah sikap mental atau psikologis untuk mencari kebutuhan tubuh, karena untuk memperolehnya dibutuhkan gagasan-gagasan dengan dasar pertimbangan dari pengalaman atau pendidikan yang pernah diikutinya. Pengalaman hidup dengan resiko tinggi dan aktivitas menantang terbukti dapat membuat orang belajar untuk berbuat yang lebih baik dan melakukan adaptasi efektif. (Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال