Latihan Posko I "Wijayakusuma Perkasa" Kodim 0703/Cilacap



Cilacap | Jateng, IMC - Guna menyiapkan satuan kewilayahan dalam rangka penanggulangan bencana alam dan membentuk prajurit serta satuan yang profesional dalam melaksanakan tugas yang akan diharapkan dilapangan, Korem 071/WK menggelar latihan Posko I "Wijayakusuma Perkasa"  XL Tahun 2018 di wilayah Kodim 0703/Cilacap, Selasa (15/05).

Berlangsung di ruang data Kodim 0703/Cilacap Dandim 0713 / Brebes Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono mewakili Danrem 071/WK Kolonel Kav. Dani Wardana, S.Sos., M.M.,M.Tr (Han) melalui brifing pelaku mengatakan,
" melaksanakan operasi membantu penanggulangan bencana Tsunami di wilayah Kabupten Cilacap dalam rangka operasi penanggulangan bencana.

Latihan Posko I tingkat Kodim dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan Staf untuk membantu Pemerintah Daerah setempat dalam menanggulangi bahaya Tsunami, seperti yang tercantum dalam tema latihan kali ini, "Kodim 0703/Cilacap Bersama Seluruh Komponen Bangsa membantu Pemerintah Daerah Dalam Menanggulangi Bencana Alam Tsunami, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan di Wilayah Kabupaten Cilacap dalam rangka Operasi Militer Selain Perang".

Sebagai prajurit yang profesional dibutuhkan program latihan yang terencana, terarah, bertahap, bertingkat, dan berlanjut. Upaya meningkatkan profesionalisme prajurit dan satuan saat ini bukan lagi menjadi tuntutan, tetapi sudah menjadi kebutuhan mendasar yang harus diwujudkan, karena tugas yang dihadapi ke depan akan semakin komplek.

Sasaran latihan posko I yang harus dicapai yaitu mampu melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku, mampu melaksanakan komando pengendalian dalam satuan operasi bantuan kepada pemerintah daerah, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur, mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan di lapangan, terlaksananya penyiapan dan aplikasi rencana operasi dan protap satuan, terlaksanakannya komando, kendali komunikasi dan informasi secara optimal. dan
untuk mencapai tujuan dan sasaran latihan posko I maka sekenario latihan harus dapat mendekati situasi dan kondisi sebenarnya yang mungkin terjadi di lapangan.

Dengan cara ini maka dapat diukur kemampuan setiap staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul di lapangan, sekaligus dapat melakukan perbaikan, pengembangan dan penyempurnaan baik menyangkut protap, prosedur maupun taktik dan kodal yang lebih menggambarkan kesiapan satuan dalam menjalankan tugas pokoknya di lapangan.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan Latihan Posko I Danrem mengharapkan kepada seluruh peserta latihan agar sungguh-sungguh melaksanakan seluruh materi dan tahapan latihan, sehingga kualitas hasil akhir dari pelaksanaan latihan Posko I kali ini dapat diraih secara optimal. (Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال