Navigation

Latihan Posko I "Wijayakusuma Perkasa" XL Kodim 0703/Cilacap Berakhir



Cilacap | Jateng, IMC  - Latihan Posko I Kodim 0703/Cilacap yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari mulai Selasa 15/05/2018 yang mengangkat tema, "Kodim 0703/Cilacap Bersama Seluruh Komponen Bangsa membantu Pemerintah Daerah Dalam Menanggulangi Bencana Alam Tsunami, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan di Wilayah Kabupaten Cilacap dalam rangka Operasi Militer Selain Perang".Pelaksanaan dipusatkan di aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap Di hari yang ke tiga berakhir, Kamis (17/05).

Dalam pantauan Pendim 0703/Cilacap, Dalam pelaksanaan hari pertama, kedua dan ketiga  pelaku Latihan Posko I dihadapkan dengan permasalahan bencana alam Tsunami yang disampaikan oleh penyelenggara.
Pada latihan Posko I ini pelaku melaksanakan langkah-langkah yang harus diambil mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran. Dalam pelaksanaannya pelaku juga diharapkan dapat melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Polres Cilacap, BPBD Kabupaten Cilacap, Tagana, Basarnas, PMI Kabupaten Cilacap dan instansi terkait lainnya.

Dalam simulasi pemberian PO, Dandim 0703/Cilacap sebagai Dansatgas Penanggulangan Bencana mendapatkan laporan dari Staf tentang kesiapan Kodim 0703/Cilacap dalam menghadapi bencana alam  Tsunami. Dandim juga mengecek kesiapan masing - masing bagian atau Instansi yang tergabung dalam satgas penanggulangan bencana, serta membagi kedalam unit-unit sesuai dengan keahlian dan kemampuan.

Menurut tim Wasdal Mayor Inf M. Saing S. Mencermati perubahan dan perkembangan situasi yang dinamis dan diwarnai berbagai permasalahan sosial, akan semakin berat tugas Kodim 0703/Cilacap selaku Satuan Aparat Komando Kewilayahan (Satkowil) terutama terkait dengan pelaksanaan operasi bantuan kepada pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan sosial. Kegiatan Operasi Bantuan kepada Pemda tersebut merupakan bagian dari tugas pokok TNI sesuai dengan yang tercantum pada UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, pasal 7 ayat 2 bahwa salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang adalah operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah (Pemda).

Untuk mendukung tugas pokok Pemerintah Daerah, diperlukan kualitas pengetahuan dan kemampuan aparat kewilayahan yang profesional,cepat dan tepat dalam menangani berbagai permasalahan sosial yang mungkin timbul, terutama dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda setempat." Ujarnya.

Untuk itu, menurut tim Wasev Rindam IV/Diponegoro Mayor Inf. Slamet Eko, dalam materi Latihan Posko I yang telah diterima mulai dari hari selasa tanggal 15 sampai dengan kamis tanggal 17 Mei 2018 harus benar-benar dihayati untuk dijadikan acuan dalam menghadapi tugas-tugas perbantuan kepada Pemda di masa yang akan datang, sehingga kesiapan jajaran Kodim 0703/Cilacap yang ada di wilayah akan semakin mantap karena telah mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang mekanisme hubungan Komandan dan Staf serta mengetahui sejauhmana tingkat profesionalisme yang dimiliki sesuai fungsi dan tanggung jawab masing-masing, "demikian Evaluasi/kaji ulang yang disampaikan oleh Mayor Inf. Slamet Eko. (Sty)
Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: