Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Ketua Masyarakat Anti Fitnah Indonesia : Cek Kebenaran Berita Melalui Aplikasi HBT “Awas Hoax”

Brebes | Jateng, IMC   "Revitalisasi Humas Pemerintah di Era Digital" adalah tema yang diangkat Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Brebes, dalam acara Forum Silaturahmi Kehumasan tahun 2018 bersama para pimpinan redaksi baik media cetak dan elektronik maupun on line di wilayah Kabupaten Brebes. Kegiatan terlaksana di Almayra Convention Hall Grand Dian Hotel Brebes. Rabu malam (9/5/18).

Tujuan diselenggarakannya kegiatan adalah, mempererat silaturahmi antar jajaran Pemkab Brebes dengan para pimpinan redaksi, baik media cetak, elektronik maupun on line untuk kemajuan Kabupaten Brebes serta mencegah timbulnya berita yang bersifat hoax yang dapat meresahkan masyarakat. Selain itu untuk menjalin hubungan yang harmonis antara insan pers dengan pemerintahan daerah demi kemajuan Kabupaten Brebes.

Acara dibuka melalui sambutan Kadiskominfotik Kabupaten Brebes, Johari, SH, yang menyampaikan, “Kegiatan Forum Silaturahmi tahun yang ke-4 ini bertujuan untuk bersilaturahmi antara pemerintah daerah beserta jajaran Forkompindanya dengan para Pimred baik cetak, elektronik maupun on line. Harapan kami selaku pemerintah daerah, agar terjalin hubungan yang harmonis antara pemerintah daerah Kabupaten Brebes dengan jajaran media demi kemajuan Kabupaten Brebes” terangnya.

Inti sambutan Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE.MH antara lain “Pada tahun ini, silahturahmi kehumasan dapat diselenggarakan kembali di Brebes, dimana pada tahun sebelumnya sudah dilaksanakan di Kota Yogyakarta, di Jakarta maupun di Obyek Wisatata Kaligua Kecamatan Paguyangan, dengan tujuan mempererat hubungan baik antara Pemkab Brebes beserta jajaran Forkompinda dengan para pimpinan redaksi baik media cetak, on line dan elektronik maupun para wartawannya” jalasnya.

“Dukungan dari rekan-rekan media, sangatlah saya harapkan sebagai pimpinan daerah, guna mensosialisasikan program-program pembangunan pemerintah daerah lima tahun kedepan, sehingga visi dan misi kami yaitu menuju Kabupaten Brebes yang unggul, sejahtera dan berkeadilan dapat terwujud dengan sinergi yang maksimal antar instansi, media, ormas maupun masyarakatnya, termasuk para tokoh-tokoh agama, adat maupun agama. Pemerataan pembangunan akan terealisasi maksimal dengan kolaborasi dan sinergi antar komponen tersebut” pungkasnya.

Kesuksesan Persab Brebes.

Atas nama pemerintah Kabupaten Brebes, Bupati selaku Ketua PSSI Kabupaten Brebes, juga mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih Persab Brebes, yang berhasil lolos dalam pertandingan kompetisi Liga 3 Jawa Tengah Rabu (9/5/18) dengan mengalahkan PS Demak di Stadion Karang Birahi Brebes. Harapan dari seluruh rakyat Brebes tentunya Persab selalu diberikan kemenangan hingga ke tingkat nasional. Keberhasilan Persab ini tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan dari semua pihak, sehingga ini merupakan keberhasilan bersama.

Anggaran renovasi Stadion Karang Birahi.

“Alhamdulilah di tahun 2018 ini, Kabupaten Brebes mendapat bantuan anggaran dari Provinsi Jateng, untuk merenovasi Stadion Karangbirahi Brebes sebesar 4 Milyar. Ini akan kami maksimalkan dalam memajukan olah raga khususnya sepakbola, sehingga Persab memiliki kandang atau stadion yang layak” imbuhnya.

Acara inti, paparan dan tanya jawab.

Paparan dengan materi Revitalisasi Humas Pemerintah di Era Digital disampaikan oleh dua narsumber, yaitu Evi Sulistyorini dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Jateng dan Ketua Masyarakat Anti Fitnah Indonesia, Septiaji Eko Nugroho dengan Moderator Drs. H. Atmo Tansidik.

Dikatakan Septiaji Eko Nugroho (Adjie), narasumber yang menamatkan S2 di Jerman dan benyak mengisi seminar di Indonesia maupun mancanegara bahwa “Kita selaku warga masyarakat yang baik, maupun khususnya para penggiat berita, hendaknya bersikap bijak dan hati-hati dalam menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya atau hoax. Ini akan sangat meresahkan dan merugikan masyarakat, serta merugkan diri sendiri karena dapat melanggar hukum dengan mencemarkan nama baik seseorang. Berita-berita hoax bersifat mudah, sulit dan mustahil diklarifikasi. Sedangkan di Indonesia umunya berita hoax tersebut tergolong dalam jenis yang mudah diklarifikasi, dengan ciri khasnya yaitu biasa untuk judul berita dibuat sensasional maupun provokatif” terangnya.

“Sementara untuk memastikan kebenaran suatu berita, masyarakat dapat mengkases kebenaran berita melalui aplikasi HBT (Hoax Buster Tools) dengan mendownloadnya di aplikasi goegle. Pihak kami selaku Masyarakat Anti Fitnah Indonesia, juga aktif disana dalam memerangi berita hoax tersebut, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa sebagai senjata paling ampuh kita dapat terjaga dan terpelihara dengan baik” imbuhnya.  

Acara dihadiri kurang lebih 100 orang. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE.MH, bersama wakil Narjo, SH, Ketua DPRD yang diwakili Sekertaris Komisi I DPRD Kabupaten Brebes, Riski Ubaidillah, Dandim 0713 Brebes Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono, Kapolres Brebes yang diwakili Kabagops Polres Brebes Kompol Hary Supadi, S.Sos, Kajari yang diwakili Kasiintel Kejari Brebes Anang Suhartono, SH.MH, Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Kepala Dinkominfotik Provinsi Jateng yang diwakili Evi Sulistyorini, Kepala Dinkominfotik Kabupaten Brebes Johari, SH, Ketua Masyarakat Anti Fitnah Indonesia Septiadi Eko Nugroho, Para Kepala Dinas jajaran Pemkab. Brebes, Ketua Persab Brebes Heri Fitriansyah, Para Pimred baik media cetak, elektronik maupun online, Para Wartawan maupun para pahlawan Brebes dari Klub Sepakbola Persab Brebes.

Tugas bersama sebagai warga masayarakat Brebes untuk menjaga Kabupaten Brebes yang kita cintai agar aman maupun kondusif, dengan menghindarkan berita hoax yang dapat memancing perpecahan, menjatuhkan salah satu pihak maupun memancing isu SARA. Sehingga tugas pemerintah daerah dalam membangun rakyat Brebes dapat maksimal dengan baik berkat dukungan seluruh pihak maupun elemen mayarakatnya. (Aan-red).
Share
Banner

warta Kodim Brebes

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: