Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Ketahuilah, Jangan Sampai Smartphone Rusak Gara-Gara Terima Pesan WhatsApp





foto : Istimewa

Jakarta, IMC - Smartphone merupakan bagian penting dalam kegiatan kehidupan di era digital saat ini. Namun apa jadinya jika benda yang satu ini tiba-tiba rusak gara-gara menerima pesan dari aplikasi WhatsApp yang berisi virus atau sejenisnya?

Tentu kita tidak mau mengalami hal demikian, bukan?

Baru-baru ini beredar pesan berisi bug pada aplikasi chatting ini yang dapat merusak smartphone.


Seperti yang telah diberitakan Detikcom sebelumnya. Dikutip dari Phone Arena, Sabtu (12/5/2018), pesan spam yang beredar adalah "This is very Interesting! ...Read More" ditambah dengan emoji tertawa hingga mengeluarkan air mata. Masalah akan terjadi setelah si penerima tidak sengaja menekan pesan tersebut.

Hati-hati! Pesan WhatsApp Ini Bisa Bikin Smartphone RusakFoto: Istimewa

Di dalam pesan tersebut terdapat simbol tersembunyi di antara spasi yang mana berupa malware. Bila ditekan dampak yang terjadi bisa beragam di masing-masing ponsel. Ada yang sebatas hang, tetapi sejumlah kejadian menyebabkan bootloop. Sekadar informasi, bootloop adalah kejadian di mana perangkat tak bisa masuk ke dalam sistem operasi. Masalah ini bisa dilihat dari ponsel yang gagal dinyalakan dan hanya menampilkan logo secara berulang-ulang. 

Selain pesan di atas, ada juga berisi suruhan untuk mengetuk bagian pesan bergambar titik hitam besar. Apabila si penerima tidak sengaja mengetuk titik hitam tersebut --dikenal dengan istilah black dot of death-- akan mengubah teks menjadi html, yang berarti data pengguna telah berhasil dicuri dan akan membuat smartphone hang.
Hati-hati! Pesan WhatsApp Ini Bisa Bikin Smartphone RusakFoto: Istimewa


Upaya konfirmasi kepada pihak WhatsApp akan hal ini masih terus dilakukan oleh para pengguna. Sejauh ini belum ada tanggapan dan belum diketahui berapa lama waktu yang diperlukan pihak WhatsApp untuk menyelesaikan masalah ini. Sembari menunggu, jika mendapatkan pesan seperti itu, baiknya diabaikan saja demi mencegah kerusakan ponsel. (dtk)


Share

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: