Pengukuhan Pengurus Ikatan Alumni Universitas Samudra


Langsa, IMC - Alumni perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam kiprahnya, mengabdikan ilmu dan bekerja di tengah masyarakat ,Ikatan alumni tak hanya sekedar wadah untuk mengenang masa lalu, namun juga menjadi organisasi yang memiliki arti penting untuk mendorong anggotanya, senantiasa mengabdi dan merealisasikan idealismenya sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk itu Ikatan Alumni  (Universitas Samudra), periode 2018 -2022, dibawah kepemimpinan Usman Abdullah,SE dan Sekretaris Jenderal Syahrul Atan,SH,MH dilantik dan dikukuhkan di kampus Universitas Samudra, di Aula Fakultas Teknik Pada Pukul 08.30, Senin (23/04/18).

Dalam pelantikan kepengurusan masa bakti tahun 2018-2022 ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Samudra Dr. Bachtiar Akob,M.Pd, Walikota Langsa Tgk Usman Abdullah,SE, Ketua DPRK Langsa Burhansyah,SH, Mantan Walikota H. Azhari Azis,SH,MH, Kepala BNN Kota Langsa AKBP Navri Yulenny, SH, MH dan para tamu undangan.

Menurut Ketua Ikatan Alumni Universitas Samudra Tgk, Usman Abdullah,SE dalam kata sambutan nya, mengatakan membangun suatu organisasi mari kita bekerja sama untuk meningkat kan mutu pendidikan serta meningkat kan agritasi pendidikan Universitas Samudra,karena ini tanggung jawab kita bersama.



Warna ornamen budaya Aceh warna warni, itu mencerminkan budaya masyarakat Aceh dalam keseharian, banyak warna dalam hidup ini, tinggal kita pilih saja warna apa yang akan kita toreh” ujarnya.

"Saya gak punya apa – apa, kalau diandalkan ke saya saya gak da apa – apa, awalnya beberapa pimpinan dan alumni datang ke pendopo untuk meminta saya sebagai ketua pertama saya tidak mau, karena saya merasa tidak memiliki kapasitas untuk itu, namun disebutkan karena sebagai salah satu untuk mendongkrak akreditasi kampus kemudian saya sanggupi” sebutnya.

Pria yang akrab disapa Toke Suum ini menilai, bahwa dirinya bukanlah siapa – siapa dan tidak memiliki kapasitas yang mumpuni untuk mengelola lembaga yang beriklim akademik.



Dikatakannya, banyak lembaga seperti PSBL, KNPI dan lembaga sosial lainnya yang meminta dirinya untuk menjadi ketua tapi tidak diterimanya. “Saya tolak, tapi ini karena alasanya meningkatkan akreditasi Unsam ini, karena saya putra daerah saya akan melaksanakan amanah ini sesanggup saya” imbuhnya.

Toke Suum menjelaskan, salah satu tujan dari alumni adalah memberikan kontribusi nyata untuk perkembangan dan kemajuan lembaga pendidikan yang telah melahirkan sarjana.

“Tujuan alumni ini, bagaimana memikirkan kontribusi – kontribusi yang baik untuk membawa Unsam ini ke arah yang lebih baik lagi, namum harus didukung oleh kemauan, keikhlasan dan pengabdian” tandasanya.

Di akhir sambutannya Toke Suum berpesan, dirinya tidak dapat berbuat apa – apa tanpa dukungan oleh semua pihak.

“Saya tidak bisa bekerja sebagai ketua tanpa dukungan dari bapak – bapak dan ibu – ibu, mari kita berbuat untuk Unsam ini sehingga nanti akan mampu melahirkan orang – orang yang berkualitas, negeri ini butuh orang – orang yang berkualitas dan mau berbuat” pintanya.



Di dalam kesempatan yang sama Rektor Universitas Samudra Dr. Bachtiar Akob, M.Pd mengatakan Alumni diharapkan memfasilitasi dialog dialog yang positif untuk merekatkan tali persatuan ditengah masyarakat. Dengan semangat seperti itulah diharapkan alumni (IKA UNSAM) dituntut pengabdiannya yang tulus dalam mengaktualisasikan ilmunya.

"Di tengah tantangan kebangsaan yang semakin berat, alumni memiliki peran strategis untuk mentransformasikan nilai nilai keluhuran Pancasila dan mewujudkan karakter kebangsaan yang kuat, bahwa kita adalah bangsa yang plural, berbhineka tunggal ika".

Rektor juga berharap Ikatan Alumni Universitas Samudra (IKA UNSAM) mampu menjembatani antara kampus dengan alumninya, dengan Pemerintah dan masyarakat luas. Semua bertujuan agar peran alumni dan kampus bisa bersinergi dalam satu kesatuan yang terarah menjadikan Universitas Samudra, sebagai kampus yang melahirkan para alumni yang mumpuni, tangguh dan menjadi tauladan ditengah masyarakat.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال