Navigation

Tingkatkan Produktivitas Padi Petani Di wilayahnya, Kodim 0703/Cilacap Gandeng BPPT Jateng




Cilacap | Jateng, IMC - Guna meningkatkan hasil Serapan Gabah Petani (SERGAP) serta mendongkrak produktivitas tanaman padi khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap, berbagai upaya terus dilakukan Kodim 0703/Cilacap dalam rangka mendukung Program Pemerintah untuk mewujudkan Swasembada Pangan Nasional.

Bersama Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah (BPTP Jateng) Dr. Ir. Harwanto, M.Si, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto menggelar Rapat Koordinasi dengan Satker dan Mitra Bulog se-Kabupaten Cilacap bertempat di Ruang Data Makodim 0703/Cilacap, Rabu (14/03).

Rapat ini diikuti oleh Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian, Pasiter Kapten Inf. Marjono, Danramil jajaran Kodim 0703/Cilacap, Kepala Gudang Beras Bulog Lomanis dan Gumilir serta pihak dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Cilacap.

Menurut Dandim Letkol Inf. Yudi Purwantoi, upaya Kodim 0703/Cilacap dalam meningkatkan hasil Sergap tentunya harus diimbangi dengan peningkatan produktivitas padi di wilayahnya sehingga untuk mewujudkan hal tersebut, Kodim akan membuat demplot padi di wilayahnya untuk memotifasi dan menyakinkan para petani bahwa sistem jajar legowo yang selama ini dianjurkan Pemerintah akan meningkatkan hasil panen padinya.
" Kita bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah terus mensosialisasikan inovasi tanam padi jajar legowo kepada para petani untuk mendongkrak produktivitas tanaman padinya," terang Dandim

Sementara itu, menurut Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah (BPTP Jateng) Dr. Ir. Harwanto, M.Si, seiring dengan berkembangnya bioteknologi, inovasi sistem tanam jajar legowo atau sering disebut Jarwo Super harus terus dilakukan dengan ikutan lima komponen teknologi, antara lain bioprotektan, organik dan nabati dan hal ini sudah diterapkan di beberapa daerah di Jawa Tengah dengan hasil yang memuaskan.

Selain membahas tentang upaya peningkatan hasil sergap dan upaya peningkatan produktivitas padi para petani, dalam rapat tersebut juga disampaikan beberapa kendala dilapangan yang sering ditemui oleh Babinsa, Satker maupun Mitra Bulog terkait dengan serapan gabah. Hal ini tentunya menjadi tanggungjawab bersama guna memecahkan hal tersebut agar hasil Sergap khususnya di wilayah Kodim 0703/Cilacap meningkat sehingga target kedepannya dapat terpenuhi.
[ urip - taryo ]
Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: