Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Ternyata Ini Penyebab Lurah Cengkareng Timur Usir LMK

Pemasangan spanduk pemberitahuan di Kantor Kelurahan Cengkareng Timur

Jakarta, IMC - Penyebab ketidakharmonisan yang terjadi antara Lurah Cengkareng Timur dengan LMK Kelurahan yang berujung pengusiran, terkuak sudah. Kronologis itu dijelaskan oleh Ketua LMK Kelurahan beserta anggota LMK lainnya kepada awak media, saat pemasangan spanduk pemberitahuan pindahnya kantor LMK  ke jalan Masjid Nurul Huda RT. 001/01 yang tak jauh dari kantor Kelurahan, di Kantor Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat. pada Hari Kamis, (15/3/2018) sekira pukul 09.00 WIB.

"Pemicu awalnya bermula dari program kegiatan Gubernur tentang Festival Olahraga Rakyat (FOR) 2018. Lurah menunjuk LMK untuk menjadi panitia kegiatan itu. Namun, ada beberapa masukan dari anggota LMK bahwa Lurah kurang kooperatif dan kurang sinergi. Apalagi, tidak adanya anggaran dan ada omongan yang tidak nyaman dari Lurah. Lalu Lurah mengalihkan kepanitiaan tersebut kepada Karang Taruna tanpa konfirmasi lagi ke LMK," ungkap HM. Haidar Ulinnuha, S. Sos., selaku Ketua LMK Kelurahan Cengkareng Timur.

Sekretariat LMK Kelurahan yang dikunci di gedung Kelurahan.

Haidar menambahkan, bahwa atas dasar itu kami seluruh anggota LMK beberapa kali mengadakan rapat internal untuk membahas itu. Dan kemudian, kami mengadakan rapat ekternal bersama RW untuk menyikapi kondisi yang ada. Hasilnya, dari beberapa RW mengajukan untuk membuat Mosi tidak percaya.

"Akhirnya, atas dasar kesepakatan bersama, kami buat Mosi tidak percaya itu yang ditandatangani oleh seluruh anggota LMK dan 10 Ketua RW dari 17 RW yang ada. Dan sudah kami kirimkan ke tingkat Walikota dengan tembusan Gubernur dan yang lainnya," jelas Haidar.

Berita terkait : Lurah Cengkareng Timur Usir LMK dari Gedung Kelurahan

Ditambahkan Haidar, LMK tidak akan bersekretariat di Kelurahan, selagi Lurahnya masih yang sekarang (Yuli Ardiansyah-red).

Haidar berharap, jika nantinya ada Lurah baru yang menggantikan, harus bersinergi kepada masyarakat, kooperatif, mengayomi, menjadi pamong dan suri tauladan.

Ditempat yang sama, anggota LMK RW. 10 Rizal U. Sinurat, SH., mengatakan bahwa dari informasi aspirasi beberapa warga diwilayahnya, Lurah ini kurang menunjukkan keteladanan. Baik dalam berkata maupun bersikap.

"Jadi kalau diibaratkan perusahaan, dia itu merasa sebagai pemilik perusahaan. Sangat bersebrangan dengan sikap Gubernur kita yang santun," keluh Rizal.

Mediasi Pihak Kecamatan

Sementara itu masih di hari yang sama, pihak Kecamatan mencoba memediasi permasalahan tersebut. Hadir dalam acara itu, Camat Cengkareng,  H. Mas'ud Effendi, Kepala Seksi Pemerintahan, Darwin Simatupang, Lurah Cengkareng Timur, Yuli Ardiansyah, Ketua LMK Kelurahan, H. Haidar Ulinnuha, dan beberapa anggota LMK Kelurahan Cengkareng Timur dikantor Camat Cengkareng sekira pukul 14.00 WIB.

H. Haidar diberikan kesempatan untuk menjelaskan kronologis permasalahan hingga terjadinya pemindahan sekretariat LMK.

Lurah pun mengakui kesalahan atas kejadian kemarin yang meminta kunci sekretariat LMK dari petugas kebersihan (Sutopo - red) dan marah-marah didepan umum serta mengusir LMK dari gedung Kelurahan. Dan Lurah pun meminta maaf kepada LMK.

Camat selaku mediator, berharap agar LMK memaafkannya. Dan secara pribadi Ketua LMK Kelurahan memaafkan. Namun secara institusi, permasalahan ini harus ditindaklanjuti. Begitupun dengan anggota LMK lainnya yang hadir diruangan itu. Pihak mediasi masih terus mencoba meminta agar permasalahan ini tidak dilanjutkan hingga tingkat atas. Melihat suasana yang mulai kurang kondusif, Haidar bersama anggota lainnya mohon izin untuk keluar ruangan (walk out).

Sebelum meninggalkan ruangan, Haidar beserta anggota lainnya dengan tegas dan lantang mengatakan bahwa apabila Lurah Cengkareng Timur masih dijabat dia (Yuli Ardiansyahi - red), tidak akan bersekretariat di Kantor Kelurahan.

LMK Cengkareng Timur photo bersama di kantor sekretariat LMK yang baru

Usai acara mediasi yang tidak ada mufakat, Wakil Ketua Presedium LMK DKI Jakarta, M. Yasin, Ketua Forum LMK Jakarta Barat, Subur, ST., beserta jajaran, hadir ke sekretariat LMK Cengkareng Timur yang baru untuk memberikan dukungan moriil

Share
Banner

Arief Bontot

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

2 comments:

  1. Suatu pembelajaran Untuk semua Unsur agar keterbukaan dan Aspirasi Masyarakat yg Harus di sikapi tentang Performa indikator Penilaian diwilayah terhadap suatu institusi Yg berdasarkan aturan yang Ada.

    ReplyDelete
  2. Gak banyak manfaatnya juga LMK diRw 02 tmpt saya,tdk mendukung kegiatan karang taruna,semua hanya mencari kepentingan,krg loyalitas

    ReplyDelete