Navigation

Peringati HUT Persit ke 72 dan HUT Dharma Pertiwi, Persit KCK Kodim Cilacap Gelar Pemeriksaan IVA Test





Cilacap | Jateng, IMC - Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap bekerja sama dengan Rumah Sakit Bantuan (Rukitban) 08.04.01 Cilacap menggelar kegiatan deteksi dini kanker serviks dalam rangkaian memeriahkan HUT Persit ke 72 dan HUT Dharma Pertiwi ke 54
berlangsung di ruang Kebidanan Rumkitban 08.04.01 Jl. Katamso Cilacap, warga Persit KCK Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap dan Jalasenastri Lanal Cilacap antusias untuk melakukan pengecekan yang didampingi oleh tenaga kesehatan, Rabu (14/03).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh dr. Nur Endah dari Rumkitban ini juga menjadi satu upaya dari pemerintah daerah untuk menyadarkan perempuan akan pentingnya kesehatan alat reproduksi.
Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap, Ita Yudi Purwanto mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan Persit bisa lebih peduli dengan kesehatan reproduksinya.

"Maka guna  mencegah adanya kasus tersebut Persit KCK Cabang XVIII di wilayah Kodim 0703/Cilacap serta dalam rangka memperingati HUT Persit KCK  ke 72, menggelar pemeriksaan deteksi dini kanker serviks melalui tes IVA. Kegiatan ini sebagai langkah deteksi dini untuk meminimalisir penderita kanker serviks khususnya kepada persit Cabang XVIII dan jajarannya", ujar Ketua Cabang XVIII.

Sementara itu, dr. Nur Endah
mengatakan kanker serviks adalah virus yang menyerang leher rahim yang mengakibatkan kelainan atau keganasan pada mulut rahim.

Kata dia, pemeriksaan ini seharusnya dilakukan secara rutin oleh kaum Perempuan yang sudah aktif secara seksual pada setiap 1 tahun sekali.

"Kami (dokter) juga memberikan sosialiasi pemberian vaksin HPV (human papiloma virus), yang mana virus ini adalah penyebab kanker serviks," jelasnya.

Setelah penyuluhan,dilanjutkan dengan pemeriksaan IVA  gunanya untuk mengetahui keadaan organ reproduksi perempuan, terutama leher rahimnya, sehingga diharapkan apabila setelah hasil IVA, jika hasilnya negatif maka ibu ibu dapat melanjutkan program vaksinasi HPV." papar dr. Nur Endah.

Pantauan dilapangan, para Istri Prajurit TNI Kodim 0703/Cilacap mengikuti penyuluhan kesehatan tersebut dengan penuh Antusias,karena ini tentang bahaya Kanker Serviks.
[ Sty ]
Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: