Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Lettu Inf Agus Wantoro : Petani Dapat Menikmati Hasil Panen Lebih Optimal



Cilacap | Jateng, IMC - Babinsa Koramil 10/Gandrungmangu bersama Bati Tuud Pelda Kharis turun ke sawah milik Kelompok Tani Sidadadi bersama PPL   Kecamatan Gandrumangu Santoso melakukan ubinan padi Inpari 32 bertempat di Desa Sidaurip, Kecamatan Gandrungmangu.

Danramil 10/Gandrumangu Lettu Inf Agus Wantoro saat dikonfirmasi menyampaikan, dengan pendampingan para Babinsa yang relatif lebih intensif hampir di semua desa tidak mengalami kendala, baik pengairannya maupun hama penyakit.
"Sehingga petani dapat menikmati hasil panen lebih optimal," kata Lettu Inf Agus Wantoro, Selasa (20/03).

Terkait dengan pendampingan para petani Danramil menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajarannya yang telah melaksanakan pendampingan dengan baik. Pihaknya juga memerintahkan Babinsa agar memonitor terus saat panen, agar para petani menjual hasil panennya ke Bulog.

"Hal tersebut tentunya untuk menoptimalkan penyerapan gabah oleh Bulog. Kemudian kegiatan pasca panen ini agar diadakan percepatan pengolahan lahan dengan alat mesin pertanian, hingga saatnya tanam nanti agar petani tidak keluar biaya banyak serta mempercepat poroduksi berikutnya," terangnya.

Ketua kelompok tani Sidadadi, Saimun mengemukakan, dilaksanakan ubinan terhadap padi yang akan dipanen dengan mengambil ukuran 2,5 meter persegi dan hasilnya adalah 7,06 Kg. Sehingga bisa diperkirakan bahwa hasil panen sekitar 11,296 Ton  per hektarnya. Hal ini termasuk produksi yang sangat bagus dengan kawasan Desa Sidaurip yang memiliki kondisi tanah yang relatif lebih baik.

Pengairan yang relatif lancar sepanjang tahun menjadikan petani di Sidaurip senantiasa menanam padi sepanjang tahun. "Namun dengan pola tanam jajar legowo, jenis padi  Impari 32 dan jumlah rumpunnya mencapai 99 ini, produksi padinya dapat meningkat," tutur
Saimun. (Sty)
Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: