Navigation

KSPI dan ITUC AP Beri Dukungan Terhadap Resolusi ILO Terkait Asbes

Jakarta, IMC - International Trade Union Confederation (ITUC) Asia Pasifik bersama KSPI dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) menggelar konferensi, Rabu (7/3/2018), di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta Pusat.

Konferensi Pers diselenggarakan guna memberikan dukungan terhadap Resolusi Organisasi Buruh Internasional (ILO) mengenai asbes (diadopsi oleh Sidang ke-95 Konferensi Perburuhan Internasional, Juni 2006).

Dalam resolusi tersebut ditegaskan bahwa Konvensi ILO tentang Keselamatan Penggunaan Asbes (C162) tidak menyediakan justifikasi untuk terus menggunakan asbes.

Turut memberikan pemaparan dalam konferensi pers tersebut, yakni Shoya Yoshida (General Secretary of the ITUC-AP), Wawan Erfianto (KSPI), Edward Marpaung (KSBSI), Michiko Miyamoto (Director, ILO-Country Officer for Indonesia), Kate Lee (Executive Officer, Union Aid Abroad-APHEDA), dan Rasmina Pakpahan (President of FKUI-KSBSI).

ITUC AP Asia Pasifik yang beranggotakan 18,6 juta orang dari 30 negara, bersama KSPI dan KSBSI  menegaskan kembali bahwa tempat kerja yang Sehat dan Aman adalah yang berpedoman pada hak asasi manusia dan hak pekerja yang mendasar. Selain itu sebagai serikat pekerja, pihaknya akan terus melakukan tindakan segera untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai prioritas utama.

Penggunaan asbes telah menyebabkan kematian lebih dari 107.000 pekerja setiap tahun. Hal ini sangat memprihatinkan, bahwa jutaan pekerja yang mayoritas saat ini dalam ekonomi berkembang atau transisi, terus menghadapi risiko serius dari kanker mematikan akibat paparan asbes, padahal alternatif Produk yang lebih aman telah tersedia.
Share
Banner

Miss Muezza

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: