Indonesia Media Center (IMC)

Babinsa Mujur, Sertu Budi Purwanto Ajak Poktan Mekar Perbaiki Tanggul Irigasi






Cilacap | Jateng, IMC - Seorang Bintara Pembina Desa membantu Kelompok Tani Karya di RT. 04 RW. 03 desa Mujur, Kecamatan Kroya memperbaiki tanggul
sawah yang rusak akibat tergerus aliran sungai Tipar.
Perbaikan tanggul irigasi ini guna memudahkan sarana pengairan sawah dengan luas sekitar 50 hektar.

Ini yang dilakukan Babinsa Desa  Mujur Sertu Budi Purwanto bersama Ketua Kelompok Tani Karya, Tusmin Andriana, Minggu (18/03).
Sertu Budi Purwanto  menyebutkan, perbaikan Tanggul irigasi melibatkan kelompok tani. "Irigasi ini mengaliri sawah kelompok tani Karya seluas 50 hektar. Ini juga berkaitan dengan meningkatnya curah air hujan, agar tidak menimbulkan banjir. Dengan diperbaiki, kami harapkan pengairan ke sawah poktan Karya desa Mujur tersebut berjalan lancar, sehingga kegiatan pertanian tidak mengalami kendala," ungkapnya.

Kegiatan pendampingan  tersebut juga merupakan wujud kepedulian Koramil 03/Kroya  dalam pembinaan wilayah melalui kegiatan bakti TNI. Selain dapat menginspirasi masyarakat lebih jauh sebagai perekat kemanunggalan TNI-Rakyat, dengan sasaran perbaikan tanggul irigasi di Desa Mujur, Kecamatan Kroya.
"Pengamatan kami, sejauh ini kondisi kerusakan tanggul irigasi dibiarkan dan tidak ada perbaikan, jadi kami berupaya mengajak poktan Karya," terang Babinsa.

Menurut dia, ada beberapa titik tabggul irigasi mengalami kerusakan cukup parah, akibat tergerus aliran sungai Tipar. Ini yang mengundang pertanyaan, kerusakan di saluran irigasi ini sudah terjadi cukup lama. "Petani berharap perbaikan tanggul ini bisa secepatnya dilakukan, sebelum kerusakan bertambah parah". Tandasnya.
(Taryo)
Share
Banner
loading...

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: