Navigation

Koramil 12/Kedungreja Lakukan Panen Ubinan di Lahan Seluas 200 Ubin




Cilacap, IMC - Perkiraan produksi padi kebanyakan hanya mengandalkan pengamatan visual dan mempercayakan perkiraan hasil dengan metode penaksiran produksi padi oleh tengkulak yang hasilnya sangat subjektif dan tidak bisa dipertanggung jawabkan keakuratannya secara ilmiah.

Metode ubinan adalah teknik yang paling banyak digunakan untuk memperkirakan produksi padi. Metode ini menggunakan teknik sampling hasil panen dengan luasan tertentu (umumnya 2,5 x 2,5 m).

Teknik ini banyak dilakukan oleh petugas dari penyuluh (PPL) atau dinas pertanian dan petugas perusahaan pestisida/pupuk/alsintan pertanian dalam mengukur produksi pada kegiatan panen raya ataupun kegiatan rutin lainnya. Pada teknik ubinan, perkiraan produksi dilakukan pada saat padi sudah siap untuk dipanen.

Dalam ubinan kali ini yang dilaksanakan pada hari Senin (26/02/2018) di Desa Kedungreja Bati Tuud Pelda Mislam bersama dengan BP2KP dan PPL telah mengambil sampel ubinan disawah milik Juhan desa Kedungreja RT. 05 RW. 09, Kecamatan Kedungreja, dari Poktan Pasundan 1 dengan luas 200 ubin.

"Dalam perhitungan dari ubinan tersebut didapat hasil 4,6 kg. kami merasa lega karena dapat mengetahui dan melihat nyata hasil panen kali ini, ujar Pelda Mislam.

Dalam kesempatan terpisah Danramil 12/Kedungreja, Kapten CPM Teguh Budiyono mengatakan, tehnik ubinan adalah cara yang mudah dan dapat diterima untuk mengetahui hasil produksifitas atau panen padi yang dilakukan  petani. Karena dengan ubinan akan diketahui hasilnya dalam 1 hektar", ujarnya.

Upsus yang dicanangkan penerintah sejak tahun lalu mampu meningkatkan produksi sektor pertanian terutama komoditi tanaman pangan khususnya padi. Ketahanan dan kestabilan pangan sangat berdampak dengan kestabilan ketahanan nasional.

"Kemandirian pangan akan menghindari kerawanan pangan yang berimbas pada kegoncangan suatu negara. Kegiatan ini bisa berjalan dengan baik karena adanya kerja sama antar Babinsa dan  instansi terkait dengan petani di lapangan guna meningkatkan hasil panen petani dan tercapainya ketahanan pangan Nasional". Pungkasnya. [ Sty ]
Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: