Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Karang Taruna Setia Mandiri Desa Suka Mulia Mengadakan Donor Darah



Aceh Tamiang, IMC - Karang Taruna Setia Mandiri Desa Suka Mulia, Kecamatan Rantau mengadakan donor darah. Bakti sosial ini bekerjasama dengan UDD PMI Kota Langsa. Rabu (28/02/18) dibalai Desa Suka Mulia.

Pada pelaksanaan donor darah tersebut di hadiri oleh Danramil Kecamatan Rantau, Babinsa, Babhinkamtibmas, perangkat Desa Suka Mulia dan Masyarakat setempat.

Donor darah tidak hanya memberikan manfaat kepada para penerima darah. tetapi juga kepada para pemberinya, selain itu meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

Ketua Karang Taruna Setia Mandiri mengatakan Kegiatan aksi sosial donor darah ini yang mengajuk tema "Setetes darah sejuta harapan" dan saya berharap agar darah yang dikumpulkan dapat bermanfaat buat masyarakat banyak serta masyarakat Desa Suka Mulia lebih bisa berpartisipasi di acara donor darah dan  Manfaat donor darah yang pertama adalah membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Dan menurut seorang dokter, mendonorkan darah membuat kita jarang sakit dan terhindari dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Rutin menjalankan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi dapat membuat kita rentan terkena penyakit jantung.




"Karang Taruna Setia Mandiri Desa Suka Mulia bertekad menggelorakan kembali semangat pengabdian sosial dengan berbagai upaya untuk membuat Karang Taruna kembali bangkit dan berkontribusi bagi masyarakat khususnya di wilayah pedesaan” ujar Syahrial dengan Indonesiamediacenter.




Sementara Ketua Karang Taruna Syahrial Indra Setiawan menambahkan, bahwa Karang Taruna Desa Suka Mulia akan mengadakan tiga bulan sekali secara rutin bakti sosial donor darah dan mengembalikan semangat Karang Taruna sebagai pelopor di pedesaan.

Syahrial juga mengucapkan terima kasih buat seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi di kegiatan donor pada hari ini, semoga bisa menjadi amal dan darah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 50 kantong yang terdiri dari A=12 B=15 O=18 AB=5. tutupnya


Penulis : Bambang Herman
Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: