Navigation

Kapolda Sumbar Tekankan Nilai Tanggung Jawab dan Profesionalitas kepada Calon Anggota Polisi



Sumbar, IMC - Tugas polisi itu tidaklah ringan, sering dibenci oleh orang yang berhadapan dengan hukum, tetapi dia sangat dibutuhkan untuk melindungi dan menjaga Kamtibmas di tengah - tengah masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal saat memberikan pembekalan akhir terhadap 267 calon Polisi, yang bertempat di Gedung utama SPN Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang, Sumbar, Rabu (28/2).

Pembekalan itu diberikan sebelum mengakhiri masa pendidikan, setelah ditempa dengan berbagai latihan ilmu kepolisian selama 7 bulan.

Dalam arahannya, Kapolda mengatakan untuk bisa diterima menjadi siswa para calon polisi ini telah bersaing dan berhasil melewati seleksi yang sangat ketat.

"Dari ribuan yang mendaftar diterima hanya 267 orang. Itu artinya kalian yang lolos ini adalah manusia pilihan yang mendapat kesempatan menjadi seorang polisi. Karena itu kalian harus bangga menjadi anggota Polisi" tutur Kapolda.

Akan tetapi, diingatkan Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, bangga yang dimaksudkan bukanlah berarti sombong. "Sebagai pengayom dan pelindung masyarakat polisi adalah garda terdepan, baik buruknya polisi sangat ditentukan oleh performa kalian nanti setelah berada ditengah tengah masyarakat”, imbuh Kapolda.

Ditambahkannya, Jika tugas yang berat itu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, maka akan bernilai sebagai amal baik yang akan menjadi catatan disisi Allah Yang Maha Kuasa.

Karena tugas polisi berat, dikatakannya, harus dikerjakan secara bersama - sama, serta harus menjaga soliditas dan solidaritas diantara semua teman. Ditekankannya, agar seluruh calon polisi itu kelak selalu menjaga korp Bhayangkara, dengan menampilkan performa yang humanis.

“Laksanakan tugas dengan bertanggungjawab dan profesional, hindari diri dari tindakan yang melanggar undang - undang. Insya Allah di tangan kalian, Korp Bhayangkara akan banyak mengalami perobahan menuju kesuksesan sehingga Citra polisi sebagai pengayom dan pelindung masyarakat dapat direalisasikan dengan baik”, harap Kapolda.

Lebih jauh diungkapkan Irjen Pol Fakhrizal, agar seluruh calon polisi untuk menghindari penyimpangan sekecil apapun, terlebih sebagai polisi muda, diperingatinya untuk tidak mencoba-coba untuk mengenal Narkoba.

"Masyarakat berharap banyak kepada polisi, untuk bagaimana memerangi narkoba. Kejahatan narkoba kini semakin mengkhawatirkan, jika kalian ada yang terlibat resikonya pecat dari keanggotaan. Jangan Sampai Tungkek yang Membawa Rebah “ terang Kapolda.

Diujung pembekalan Kapolda mengatakan, bahwa pendidikan yang diikuti selama 7 bulan tidaklah cukup menjawab tantangan tugas kedepannya. “Oleh karena itu kalian harus terus belajar dan belajar, sehingga memahami fungsi dan bekerja secara profesional”, tutup Irjen Pol Fakhrizal.

Acara tersebut turut dihadiri pejabat utama Polda Sumbar, Ka SPN beserta tenaga pendidik SPN Polda Sumbar, dan diakhiri dengan makan bersama di Ruangan Makan SPN Polda Sumbar.

Penulis : Amel/Zacky
Penyunting : Bambang Herman
Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: