Hama Wereng Coklat Menyerang, Babinsa Koramil Kawunganten Turun Lakukan Penyemprotan



Cilacap | Jawa Tengah, IMC - Untuk mengendalikan hama wereng coklat yang mulai menyerang tanaman padi, 3 orang Babinsa dari Koramil 09/ Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap turun bersama PPL Pertanian Bantarsari, perangkat Desa Cikedondong serta  Kelompok Tani "Margo Mulyo 2" melakukan penyemprotan di lahan sawah Dusun Bojong Gedang, Desa Cikedondong, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jumat (02/1/2018).

Koordinator BP Pertanian Kecamatan Bantarsari melalui PPL Desa Cikedondong Sutrisno, Amd menyampaikan, mengatasi hama ini merupakan penyemprotan yang ke dua setelah diadakan penyemprotan yang pertama sekitar 10 hari yang lalu." Kata Sutrisno, Jumat (02/01/2018).

Penyemprotan kali ini kita lakukan akan agar penyebaran hama wereng coklat bisa kita kendalikan dan tidak meluas ke lahan sawah yang lain, apalagi kita lihat bersama kondisi sawah disini masih dialiri aliran air sehingga sangat berpotensi terbawa dan menyebar ke tempat lain," jelasnya.

Selain melalui air lanjut Dia, penyebaran hama wereng coklat juga bisa menyebar melalui angin. Kita berharap dengan kegiatan pengendalian hama wereng coklat ini, selain membasmi hama yang ada juga mengendalikan penyebaran hama wereng ke wilayah sawah  lain yang belum terserang," Katanya.

Danramil 09/Kawunganten Kapten Inf. S.U.Suwarjono melalui Bati Wanwil Sertu Sodirin menyampaikan, hama wereng coklat sangat merugikan para petani karena selain mengurangi hasil panen juga berpotensi menyebabkan gagal panen.

Maka untuk mencegah hal tersebut, Koramil 09/ Kawunganten selalu berkoordinasi dengan PPL setempat untuk selalu memantau perkembangan tanaman padi yang ada diwilayah Kecamatan Bantarsari, sehingga bila ditemukan tanda-tanda adanya organisme pengganggu tanaman (OPT) dapat kita cegah sejak dini. "Kami berharap tanaman padi ini terhindar dari hama wereng coklat, dan semoga setelah disemprot hasil panen saat ini  bisa lebih baik dari hasil panen sebelumnya," harapnya. [ Sty ]

Penulis : Serda Sutaryo
Penyunting : Bambang Herman

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال