Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Dengan Pendampingan Babinsa & PPL Petani Mampu Meningkatkan Hasil Panen





Cilacap, IMC - Bintara Pembina Desa Koramil 06/Kesugihan, Kodim 0703/Cilacap, Sersan Satu Sukiman bersama Kopral Satu Karino mendampingi Kelompok Tani "Tani Jaya" melakukan panen kedelai seluas 0,5 hektare di Desa Planjan, Kecamatan Kesugihan, Kamis (22/02).

Sersan Satu (Sertu) Sukiman pada kesempatannya  mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada para petani, khususnya yang ada di wilayah binaan Koramil 06/Kesugihan untuk mewujudkan program swasembada pangan komoditi Pajale.

"Adanya pendampingan yang dilakukan Babinsa, khususnya di wilayah Kesugihan ini, maka diharapkan akan meningkatkan semangat kerja para petani. Sehingga mampu untuk  meningkatkan hasil panen para petani. Karena kegiatan ini, tak hanya dilakukan di Desa Planjan ini saja, tapi juga di wilayah lain yang menjadi binaan dari Koramil 06/Kesugihan," ujar Sersan Satu Sukiman.

Selain itu, para petani di Desa Planjan Kecamatan Kesugihan  memanfaatkan lahan mereka menanam kedelai, karena merupakan bahan pokok untuk membuat makanan sejenis tahu, tempe dan bisa di buat susu kedelai.

Perawatannya tanaman kedelai sangat mudah yakni, dengan cara setiap 10 hari sekali diberikan pupuk dan pestisida, agar bisa mengendalikan hama dan kesuburan tanah.

"Setelah tanaman Kedelai sudah berumur 80 sampai 90 hari, maka siap untuk dipanen. Kemudian dijemur agar kering sebelum dirontokan untuk memisahkan kulit dan isinya."  jelasnya.

Untuk panen kali ini dilakukan ubinan untuk mengetahui berapa hasil dalam satu hektarnya, dengan sawah seluas 0,5 Hektare di Desa Planjan yang ditanami kedelai varietas Anjasmara hasil panen ubinan mencapai 2,42 Kg per ubinnya, maka dalam satu hektarenya mencapai 1,42 Ton.
[ Sty ]

Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: