Danramil 08/Adipala Uji Babinsanya Melalui UTP dan UTJ




Cilacap | Jateng, IMC - Untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar, Koramil 08/Adipala, Kodim 0703/Cilacap menyelenggarakan Uji Terampil Perorangan (UTP) bagi prajurit Bintara dan Tamtama, yang berlangsung satu hari. Kegiatan ini menindak lanjuti dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0703/Cilacap, Selasa (27/02).

Selaku Komandan Latihan (Danlat) Danramil 08/Adipala Kapten Inf. Tukimin menjelaskan, tingkat yang di ujikan meliputi kacakapan dua sampai dengan tujuh, sebagai materinya yaitu ketrampilan masing-masing anggota seperti lima kemampuan teritorial meliputi temu cepat lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat, komunikasi sosial, intelijen teritorial, tata laksana binter, sistem perencanaan dan pengendalian binter." Ujarnya.

Sedangkan tujuannya adalah,  untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap Prajurit sesuai dengan kecakapan SJM yang dimiliki, serta didapatkannya suatu data kulitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan ketrampilan umum, sesuai tingkat kecakapan guna kepentingan pembinaan personel maupun pembinaan latihan, Terang Kapten Inf. Tukimin.

Tambahnya, pembinaan teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama, maka di butuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan.

Diharapkan agar seluruh peserta UTP agar melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh dan harus mempunyai rasa tangung jawab agar hasilnya lebih optimal." Imbuh Danramil. [ STY ]

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال