Dandim 0703/Cilacap Bacakan Amanat Kasad Pada Upacara 17san Bulan Pebruari 2018







Cilacap, IMC - Pada upacara 17san Bulan Februari 2018, Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Yudi Purwanto membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dihadapan  seluruh Prajurit, ASN Kodim 0703/Cilacap dan Satdisjan jajarannya berlangsung di halaman Makodim 0703/Cilacap, Jl. Jend. Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (19/02).

Dalam amanatnya, Kasad mengingatkan kepada seluruh Prajurit dan ASN bahwasanya upacara bendera hendaknya bukan dijadikan rutinitas dan acara seremonial semata,  namun harus dimaknai sebagai sebuah perwujudan penghormatan kepada pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya sebagai kusuma bangsa sekaligus sebagai sarana untuk memelihara bangunan nasionalisme yang ada pada diri kita.

Selain itu, Kasad juga menyampaikan bahwa Program kerja Tahun Anggaran 2018 telah dimulai dengan diselenggarakannya Rapim TNI-Polri yang dipimpin langsung oleh Presiden yang kemudian dilanjutkan dengan Rapim TNI dan Rapim TNI-AD pada awal Februari 2018 yang telah menghasilkan pokok-pokok kebijakan yang harus dijadikan pedoman, dan segera Implementasikan dalam pelaksanaan Progja dan Anggaran diseluruh TNI-AD. Secara khusus Kasad meminta agar kita semua memiliki kebulatan tekad untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja serta pengelolaan anggaran.

Terkait dengan pelaksanaan tugas, Kasad mengingatkan bahwa rangkaian Pilkada Serentak telah dimulai, dimana pada situasi tersebut potensi kerawanan sosial ditengah-tengah masyarakat terasa semakin membesar dengan telah terjadinya beberapa kejadian yang tidak kita inginkan.

Oleh karena itu sebagai alat Negara, Kasad meminta kita harus benar-benar cermat dalam mengamati dinamika sosial yang terjadi. " Bangkitkan kembali kemampuan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat terhadap gejala-gejala yang sedang terjadi. Bangun kerjasama yang sinergis dengan Kepolisian maupun aparat pemerintahan guna mengantisipasi setiap potensi kerawanan yang mungkin timbul, serta melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan secara tepat." Paparnya.

Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi informasi juga telah mempengaruhi perkembangan kehidupan sosial politik dan demokrasi. Hal tersebut terbukti dengan beberapa kejadian diluar seperti hasil Pemilu di Amerika yang dipengaruhi oleh aktivitas sosial media dan ini menjadi bukti kuat betapa semakin dominannya pengaruh teknologi informasi terhadap cara berpikir, bersikap dan bertindak masyarakat. Oleh karena itu, Kasad dalam amanatnya perintahkan kepada seluruh Prajurit dan PNS serta keluarga besar TNI-AD agar lebih bijak menggunakan Sosial Media.

Sementara itu, Netralitas TNI juga menjadi satu perhatian penting pada amanat Kasad dimana pada penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018, seluruh Prajurit TNI harus Netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. Terkait dengan hal tersebut, Kasad telah memerintahkan kepada seluruh Kotama untuk membentuk tim pengawas Netralitas TNI-AD dengan memanfaatkan Personel Intelijennya.

" Saya perintahkan kepada seluruh satuan TNI-AD agar mendukung tugas Polri untuk menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah dengan mempedomani MoU yang telah ditandatangani oleh Panglima TNI dan Kapolri." Jelas kasad dalam amanatnya.
Diakhir amanatnya, Kasad juga menyampaikan Perintah Harian Panglima TNI yang harus dipedomani oleh kita semua.

Setelah upacara bendera selesai, Dandim Letkol Inf. Yudi Purwanto juga menekankan kembali tentang Netralitas TNI kepada seluruh Prajurit dan ASN kodim 0703/Cilacap dan jajarannya. Kita TNI bersama Polri sepakat netral pada penyelenggaraan Pemilukada Serentak 2018 dan seterusnya dan hal tersebut juga akan dideklarasikan oleh TNI-Polri Cilacap yang akan disaksikan oleh seluruh Parpol yang ada di Cilacap.

" Netralitas bukan berarti kita diam, namun netralitas kita wujudkan dalam bentuk mengajak kepada seluruh masyarakat yang berhak memilih untuk memilih." terang Dandim
Selain itu, hindari segala macam bentuk pelanggaran yang akan merugikan baik pribadi, keluarga maupun satuan TNI-AD. " tandasnya. [ Sty ]

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال