Banjir, Pariwisata Brebes Tetap Eksis



Brebes | Jawa Tengah, IMC - Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Kabupaten Brebes tetap eksis meskipun banyak wilayah yang terkena banjir dan longsor. Zona banjir berada diluar titik DTW sehingga masyarakat bisa menikmati keindahan Brebes tanpa perasaan was-was.

"Pariwisata Brebes tetap eskis meski banjir melanda," tutur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab Brebes Amin Budi Raharjo melalui Kabid Pariwisata Iskandar Agung saat dihubungi di ruang kerjanya, Selasa (20/2).

Iskandar menjelaskan, DTW Pantai Randusanga Indah (Par In), Pulau Pasir Mangrovesari, Pulau Cemara, Pulau Hantu, Pemandian air panas Cipanas dan lain lain masih ramai pengunjung.
"Meski tak seramai hari hari sebelum banjir, tapi banyak warga lokal maupun turis domestik lainnya banyak yang berkunjung," tutur Iskandar.

Iskandar mengaku, untuk wilayah selatan memang sedikit tersendat karena longsor dan curah hujan yang tinggi. Ranto Canyon Salem misalnya, tidak melayani pengunjung karena arus yang deras. Obyek uji nyali tersebut saat ini tidak standar karena debit air dan arus sungai yang amat deras. Demikian juga ada daerah longsor di antara ruas Banjarharjo Salem sehingga hanya sedikit yang menikmati puncak Lio Kalibaya.

Demikian juga dengan waduk Malahayu, lanjut Iskandar, debitnya cukup tinggi. Sehingga perlu kewaspadaan dari pengunjung. Dia mengakui kalau pengunjung mengalami penurunan diberbagai DTW, tetapi tidak signifikan.

“Semoga saja bencana banjir dan longsor tidak lagi menjadi momok, dan tidak terulang lagi,” pungkasnya. (wasdiun).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال