Navigation

Tim Yonif 406/Ck Borong Kejuaraan Lomba Lari Tandu Replika "Pangsar Jenderal Soedirman"



Purbalingga, IMC - Tim Yonif 406/Ck Brigif-4/DR Bojong Purbalingga mendominasi Lomba Lari Tandu Replika "Pangsar Jenderal Soedirman", yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Festival Jenderal Soedirman (FJS II)  yang berlangsung dari tanggal 24 s.d 29 Januari 2018.

Lomba Lari Tandu Replika "Pangsar Jenderal Soedirman" disekenggarakan Sabtu (27/1/2018), terbagi dalam dua kategori yakni Kategori Masyarakat dan Kategori TNI/Polri.

Dalam pelaksanaannya, satu tim terdiri dari empat orang harus berlari sambil menggotong replika tandu seperti yang digunakan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Untuk kategori TNI/Polri, tim dari Yonif 406/Ck Bojong Purbalingga berhasil merebut seluruh juara (juara 1,2 dan 3). Sedangkan juara Harapan 1 diraih tim Yonarhanud 15 Semarang, juara Harapan 2 tim Yonif 406/Ck Bojong Purbalingga dan juara Harapan 3 dari Yonif 412 Kostrad Purworejo.

Dandim 0702/Pbg Letkol Inf Andy Bagus Dian Arika, S.I.P. menyampaikan, lomba lari tandu tersebut dalam rangka menyemarakkan gelaran Festival Jenderal Soedirman yang pada gelaran tahun ini kegiatan FJS KE-II, diikuti 315 tim dari masyarakat sebanyak 298 tim dan 17 tim dari TNI/Polri.

"Dari tiap tim terdiri dari empat orang, sehingga jumlah peserta keseluruhan mencapai 1.260 orang. Khusus untuk kategori TNI/Polri, diikuti dari berbagai satuan yang ada di jajaran Kodam IV/Dip maupun satuan lain yang ada diwilayah Kodam IV/Dip, mulai dari Satuan Teritorial seperti Makorem 071/Wk, Kodim jajaran Korem 071/Wk, dan Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk. Disamping itu, Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam IV/Dip beserta unsur TNI AL dan AU serta Polri", terangnya.

Dikatakan pula, untuk kategori umum dari masyarakat terdiri dari unsur pemerintahan yang ada diwilayah Purbalingga, baik Pemerintah kabupaten ,Kecamatan, Kelurahan maupun Desa serta para mahasiswa, pelajar, warga masyarakat dan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan diwilayah Purbalingga dan sekitarnya.

Untuk juara kelompok umum, keluar sebagai juara 1 tim PASI Purbalingga, juara 2 tim SMKN 2 purbalingga, dan juara 3 tim SMKN 3 Purbalingga. Juara Harapan I tim SMKN 1 kutasari, harapan 2 tim SMAN 2 Purbalingga dan juara harapan 3 tim Desa Kedungwuluh Kec.Kalimanah Purbalingga.

Para juara selain mendapat trophy, juga mendapat uang pembinaan.

"Kegiatan yang dilaksanakan ini selain dalam rangka menyemarakkan FJS II,  juga sebagai wahana penanaman nilai-nilai kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman kepada para generasi muda bangsa khususnya yang ada diwilayah Purbalingga", ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Purbalingga H.Tasdi, S.H., M.M., mengungkapkan kegiatan ini tidak hanya sebatas sebagai hiburan saja, namun ada esensi yang diharapkan mampu mengangkat potensi wilayah Purbalingga khususnya di Kecamatan Rembang.

Dikatakan, ia berharap kegiatan ini terus dan berlanjut disetiap tahunnya dan semakin berkembang. Yang salah satunya, mengenalkan Rembang khususnya di Desa Bantarbarang sebagai bumi kelahiran seorang Tokoh Nasional yakni Pangsar Jenderal Soedirman yang lahir pada 24 Januari 1916 di Dukuh Rembang Desa Bantarbarang Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.

"Kegiatan ini sebagai wahana membangun dan menggugah semangat patriotisme dan nasionalisme generasi muda melalui keteladanan yang ditunjukkan Pangsar Jenderal Soedirman. Disamping itu, agar kita selalu meneladani jiwa patriotisne Pangsar Jenderal Soedirman yang pantang menyerah, rela berkorban, bekerja keras dan religius", terangnya.


Penulis : Red
Penyunting : Bambang Herman
Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: