Ratusan Anggota Banser Dibekali Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara oleh Danramil Gandrungmangu Cilacap



Cilacap | Jawa Tengah, IMC - Dalam upaya memberikan pencerahan kepada generasi muda khususnya organisasi kepemudaan bertempat di alun-alun Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap,
Danramil 10/Gandrungmangu, Lettu Inf Agus Wantoro, memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan dan bela Negara kepada 150 anggota Banser.

Dalam materinya, Danramil Gandrungmangu Lettu Inf Agus Wantoro  menyampaikan tentang pentingnya Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi generasi muda sebagai tulang punggung bangsa yang kelak akan memimpin negeri dan bangsa tercinta ini.  Perlunya pemahaman di kalangan organisasi kepemudaan tentang empat Dasar Konsensus Berbangsa dan Bernegara, yakni Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika serta tentang pentingnya bela negara demi keutuhan NKRI." Ujar Lettu Inf Agus Wantoro, Kamis (04/01/2018).


Bila kita sudah memahami, menghayati dan meresapi empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara, maka yakinlah tidak akan ada lagi fanatisme sempit keagamaan, primodialisme (rasa kedaerahan) yang berlebihan dan perpecahan yang mengarah pada disintegrasi bangsa.


Selai itu, Danramil juga menyinggung bahaya Narkoba, miras, seks bebas, terorisme, aliran sesat, serta perkelahian yang kian marak di kalangan generasi muda saat ini. sasarannya adalah generasi muda dan bertujuan untuk menghilangkan rasa nasionalisme, menghilangkan patriotisme, dan tidak peka terhadap lingkungan, sikap dan perilakunya yang tidak mencerminkan budaya bangsa, dan egoisme serta kebebasan tanpa batas. Sehingga akan mudah terpecah belah dan mudah dikendalikan oleh pihak lain.


Di tempat yang sama Hanif selaku  Komandan Banser wilayah Gandrungmangu sangat mengapresiasi Koramil 10/Gandrungmangu, pihaknya sangat  berterimakasih kepada Danramil yang telah menyempatkan waktu memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada anggota Banser wilayah Gandrungmangu, dan kami selaku Pimpinan Banser berkomitmen untuk selalu siap menjaga Ideologi Pancadila dan NKRI dari rongrongan pihak dalam maupun luar negri. (S-Pendim Cilacap)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال