Indonesia Media Center (IMC)

Komunitas Pemuda Pelajar Lewoeleng Merawat Mata Air dengan Penghijauan

Lembata | NTT, IMC - Menyadari akan potensi alam yang luar biasa, Komunitas Pemuda dan Pelajar Lewoeleng kecamatan Lebatukan Kabupaten Lembata melakukan kegiatan penanamam pohon (penghijauan) di mata air, pada hari Sabtu, 30 Desember 2017.
Ket. Foto: Komunitas Pemuda Pelajar Lewoeleng sedang melakukan penghijauan di mata Air.
(Foto: Milla Lolong)

Penanaman dilakukan di lima sumber tempat mata air yang ada di Kampung Lewoeleng, dengan beberapa jenis tanaman salah satu diantaranya adalah pohon Mani'i. Pohon Mani'i ini berguna untuk menyerat air dan memunculkan mata air baru serta menjaga mata air tetap mengalir.

Salah seorang Mahasiswa Dari Lewoeleng Milla Lolong mengatakan, Mani'i di tanaman dua pohon (anakan) di setiap mata air, dengan jenis anakan yang lainnya, kegiatan ini sebagai bentuk tanggungjawab Kaum muda Desa Lewoeleng dalam menjaga alam dan mengaggungkan unugerah Tuhan.

"Kegiatan ini melibatkan pelajar dari tingkat SMP dan SMA, Mahasiswa yang sedang berlibur di kampung dan para pemuda yang berada di kampung, tegasnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran kaum muda untuk mencintai lingkungan alam (Lewotanah), juga atas rasa khawatir atas mata air yang suatu saat akan hilang maka perlu di lakukan penghijauan pada area mata air, " ujar ketua Komunitas Pemuda dan Pelajar Lewoeleng Saudara Frengky Tanah Maing.

"Agar kaum muda tidak diam saja, kaum muda harus punya perubahan, merawat mata air berarti juga merawat keindahan ibu bumi dan masyarakat.jika mata air selalu memberikan kita harapan hidup maka air mata tidak lagi mengalir pada wajah-wajah kita, katanya lagi.

Gusty yang adalah anggota komunitas ini juga mengatakan bahwa kegiatan ini juga untuk menyelamatkan ibu bumi. Juga untuk menjalin keakraban dengan alam, ini juga menjadi kerinduan akan masa depan yang cerah untuk anak cucu di Lewoeleng pada khususnya dan Lembata pada umumnya. (Emanuel Bataona)




Share
Banner
loading...

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: