Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Kapten Inf.Joko Yunanto : Netralitas TNI dan NKRI Adalah Harga Mati, Itu Komitmen Kami




Cilacap, IMC - Komandan Kodim 0703/Cilacap dalam hal ini diwakili Pasiter Kapten Inf. Joko Yunanto, hadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 yang dilaksanakan di ruang Hotel Fave Jl. Budi Utomo No. 38 Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap, Kamis (25/01/18).

Bertindak sebagai Nara Sumber adalah Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah M. Fajar Subhi, A.K.A,SH,MH, Kepala Bidang Data Kependudukan Disdukcapil Drs. Wisnu Widodo, M.Si, dan Dosen Fakultas Hukum Unsud Purwokerto Prof. Dr. Hibnu Nugroho, S.H, M.H dan diikuti oleh SKPD, LSM/Ormas, Tokoh Masyarakat, Purnawirawan TNI/Polri, Kelompok Nelayan, Difable, Tokoh Agama serta Mahasiswa/Pelajar yang sudah berhak sebagai pemilih.


Dalam kegiatan tersebut disampaikan oleh nara sumber terkait dengan tugas dan peran Bawaslu dalam penyelenggaraan Pemilu untuk kegiatan Pemilu Gubernur/Wakil Gubernur Jateng tahun 2018, peran Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta Strategi peningkatan peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018.

Menurut Ketua Bawaslu Provinsi Jateng M. Fajar Subhi, A.K.A, SH, MH, Bawaslu Provinsi bersama KPU Provinsi adalah Penyelenggara Pemilu untuk kegiatan Pemilu Gubernur/Wakil Gubernur Jateng tahun 2018 dan kedua lembaga ini telah ditentukan oleh Undang-Undang untuk penyelenggara Pemilu dan bertugas untuk mengawasi proses pelaksanaan Pemilu Gubernur/Wakil Gubernur Jateng tahun 2018.
" Tahun ini kita sudah menginjak proses panjang dari pelaksanaan pemilitan dan Pemilu baik pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jateng tahun 2018 maupun persiapan Pemilihan Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang dijadwalkan pentahapannya akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019." papar M. Fajar Subhi, A.K.A, SH, MH.

Ia juga menyadari bahwa padatnya kegiatan yang akan dilaksanakan, Bawaslu tidak mungkin mampu mengkaver semua kegiatan sendiri sehingga dibutuhkan kerjasama dan kemitraan dengan semua pihak untuk bersama-sama merawat demokrasi agar dari waktu ke waktu berkembang.

Selain itu disampaikan pula tentang peran Disdukcapil oleh Kepala Bidang Pendataan Disdukcapil Cilacap Drs. Wisnu Widodo, M.Si, dimana Disdukcapil mempunyai peran untuk memastikan akurasi data pemilih dan pemutahiran data Pemilu. Sementara itu dari Dosen Fakultas Hukum Unsud Purwokerto Prof. Dr. Hibnu Nugroho, S.H, M.H juga menjelaskan tentang Strategi peningkatan peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018. " Jadilah pemilih yang kritis, bertanggung jawab dan cerdas." ungkapnya

Menanggapi kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, Dandim melalui Pasiter Kapten Joko Yunanto sekali lagi menegaskan bahwa TNI bersama Polri akan senantiasa mengawal pesta demokrasi di Indonesia dengan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara serta tetap bersikap netral dengan tidak terlibat politik praktis.
" Netralitas TNI dan NKRI adalah harga mati dan itu sudah menjadi komitmen kami, baik sarana maupun prasarana TNI pun tidak boleh digunakan untuk sarana kampanye." jelas Kapten Ini. Joko Yunanto ( pendim cilacap )


Penulis : Serda Sutaryo
Penyunting : Bambang Herman
Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: