Navigation

Hasil Panen Kedelai di Lahan Perkebunan Lebih Meningkat


Cilacap | Jawa Tengah, IMC - Panen raya kedelai di areal perkebunan PTP Kawung seluas 6 Hektare ini merupakan program pemerintah untuk mempelopori swasembada pangan pajale guna  peningkatan hasil produksi pangan di wilayah.

Desa Padangsari merupakan tanah tadah hujan, pada musim penghujan hasil tanaman kedelai lebih meningkat di banding pada musim kemarau, sehingga kedelai sudah menjadi komoditi utama di sebagian wilayah Kecamatan Majenang." Kata Danramil 13/Majenang, Kodim 0703/Cilacap, Kapten CTP. Rudi Dwianto, Kamis (18/01/2018).

Menurut Kapten CTP. Rudi Dwianto, "Koramil Majenang telah menugaskan para Babinsanya untuk selalu aktif dalam pendampingan kepada petani di wilayah binaannya, termasuk kali ini, Danramil mengerahkan personel Babinsa untuk melakukan pendampingan panen raya kedelai di areal lahan milik PTP perkebunan Kawung Blok 60, Dusun Purwosari Desa Padangsari Kecamatan Majenang.



Lebih lanjut, panen Kedelai  kali ini dengan varietas Grobogan yang mempunyai masa tanam lebih pendek hanya 70 hari dengan ukuran bulir lebih besar dan kandungan protein jenis kedelai ini 43% tertinggi di Indonesia, bahkan di dunia." Ujarnya.

Para petani di Majenang khususnya petani kedelai  mengharapkan agar harga kedelai dapat naik atau minimal seimbang dengan harga kedelai impor, hal tersebut untuk  mensejahterakan, dan mencegah petani beralih ke tanaman lain yang lebih menjanjikan pendapatannya." Tandasnya.

Panen serupa juga akan di lakukan di beberapa lahan lainya, secara menyeluruh tanaman kedelai di sekitaran tempat panen saat ini sudah siap panen . Di harapkan juga dapat memperoleh hasil yang lebih memuaskan dari yang sekarang.


Kades Padangsari, Kecamatan Majenang Mahruri  mengucapkan terima kasih kepada Danramil 13/Majenang yang telah mengerahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk mendampingi petani, sehingga panen raya uni bisa terleksananya. Ucapan terima kasih juga di sampaikan kepada para petani yang tergabung dalam poktan dan gapoktan. " Pencapaian target kedaulatan pangan di Kecamatan Majenang dapat tercapai berkat hasil kerja keras para Babinsa dan kita semua. " kata Mahruri Kades Padangsari.
Di tempat terpisah, panen kedelai juga dilakukan Personel Babinsa dari Koramil 17/Dayeuhluhur di lahan milik PTPN lX, tepatnya di Dusun Cikadu, Desa Bingkeng, Kecamatan Dayeuhluhur.

Menurut Babinsa Koramil 17/Dayeuhluhur, Serma Mugitanto, dalam prediksi hasil panen masa tanam kali ini, berdasarkan panen ubinan 2,5 meter X 2,5 meter hasil mencapai 2,47 kg (polong basah) : 0,91kg profitas (0.91 X 16) : 14,50 kwintal per hektare biji kering. Sementara hasil yang di dapat setelah pengaplingan." Ujarnya Serma Mugiyanto. (S-Pendim Cilacap)
Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: