Navigation

Babinsa Kampanye Pelestarian Lingkungan dengan Sebar 20.000 Benih Ikan


Cilacap, IMC - Kampanye pelestarian lingkungan terus digalakkan Pemkab Cilacap. Penanaman pohon terus dilakukan di sejumlah wilayah hutan dan wilayah rawan longsor. Selain itu, sebar benih ikan terus dilakukan di sungai - sungai.

Seperti yang dilakukan Babinsa desa Cilopadang Koramil 13/Majenang, Kodim 0703/Cilacap  Sertu Darsono di dampingi Coto Susianto KA UPTD Perikanan Majenang , para Kades, Ketua Kelompok Masyarakat Pengawasan dan warga setempat menebar 20.000 benih bibit ikan nila merah dan ikan tawes. Benih tersebut Bantuan dari UPTD Perikanan Majenang, di sepanjang sungai wilayah desa Cilopadang, Rabu (24/01/2018).

Babinsa Cilopadang, Sertu Darsono mengemukakan, "guna mendukung pelestarian alam, kami mengajak dan menghimbau kepada  masyarakat dan semua pihak untuk selalu menjaga dan mencintai ekosistem sungai.

Sungai merupakan salah satu simbol kemakmuran ,namun apabila tidak kita jaga dan kebersihanya akan berubah menjadi bencana di kemudian hari.
"Sungai bukan tempat sampah, akan tetapi tempat hidupnya habitat sungai yang akan berguna bagi kemajuan masyarakat, sungai yang bersih dan bebas menjadi cermin masyarakat yang di siplin dan cinta dengan kelestarian alam." Tegasnya.



Saya sangat prihatin kondisi aliran sungai saat ini yang masih di penuhi banyak sampah, selain itu juga masih adanya masyarakat yang mencari ikan di sungai dengan cara yang tidak tepat seperti,  meracuni dengan cara portas dan menggunakan alat setrum," imbuh Sertu Darsono.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Cilopadang Warso Al Suwondo juga menegaskan,  "sebagai wujud menjaga keasrian dan kelestarian sungai di Cilopadang, telah di berlakukan Peraturan Desa (Perdes) yang isinya memberikan sangsi kepada warga masyarakat yang tidak mengindahkan terhadap rusaknya ekosistem di sungai, dengan menangkap ikan sembarangan dengan cara meracuni dan menyetrum, bagi masyarakat yang tidak mentaati aturan Perdes akan di kenakan sanksi dan denda yang sudah di tentukan oleh Perdes tersebut.

Saya berharap kegiatan menebar benih ikan tersebut bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi masyarakat secara umum, apalagi Desa  Cilopadang merupakan daerah penyangga air dan ekosistem di Kecamatan Majenang, sehingga kelestarian ekosistem sungai yang terjaga dan lestari, perlu menjadi perhatian serius dari semua pihak." Ujarnya.(S - Pendim Cilacap).



Penulis : Serda Sutaryo
Penyunting : Bambang Herman
Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: