315 Tim Ikuti Lomba Marathon Panggul Tandu "Pangsar Jenderal Soedirman"





Purbalingga, IMC - 315 Tim dari berbagai komponen dan elemen masyarakat yang ada diwilayah Purbalingga baik TNI, Polri, Unsur Pemerintahan Pemkab Purbalingga mulai dari Pemerintahan Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan/Desa, Instansi Terkait, Mahasiswa, Pelajar, Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan serta warga masyarakat, ikuti lomba lari marathon panggul tandu "Pangsar Jenderal Soedirman", Sabtu (27/1/2018) di Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.

Lomba lari marathon panggul tandu "Pangsar Jenderal Soedirman" tersebut dalam rangka menyemarakkan Festival Panglima Besar Jenderal Soedirman yang dibuka pada 24 Januari 2018 lalu yang berlangsung selama sepekan hingga 29 Januari 2018 mendatang.

Festival Panglima Besar Jenderal Soedirman itu sendiri dalam rangka Khaul hari lahir Panglima Besar Jenderal Soedirman yang jatuh pada tanggal 24 Januari dan memperingati wafatnya Panglima Besar Jenderal Soedirman pada tanggal 29 Januari.

Lomba lari marathon panggul tandu merupakan event tahunan yang diselenggarakan Pemkab Purbalingga bekerjasama dengan Kodim 0702/Pbg, menempuh jarak sejauh 5 Km dan dilepas keberangkatannya di garis start didepan Kantor Kecamatan Rembang menuju Monumen Tempat Lahir (MTL) Panglima Besar Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.



Setiap tim terdiri dari 4 orang sebagai pembawa replika tandu Panglima Besar Jenderal Soedirman, mereka diwajibkan membawa replika tersebut dengan dipanggul dan berlari dari mulai titik start menuju finish.

Dari 315 tim, terbagi menjadi 7 gelombang pemberangkatan. Setiap gelombang pemberangkatan berinterval waktu 15 menit. Gelombang pertama, sebanyak 50 tim yang terdiri dari warga masyarakat dan pelajar serta mahasiswa diberangkatkan oleh Bupati Purbalingga H. Tasdi, S.H., M.M., dengan ditandainya pengibaran bendera start. Gelombang kedua, 50 tim kembali diberangkatkan oleh Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., gelombang ketiga 50 kembali diberangkatkan oleh Kerua DPRD Purbalungga H.Tongat, S.H., M.M., 50 tim dari TNI/Polri dari berbagai satuan yang ada dijajaran Kodam IV/Dip baik Komando Teritorial (Makorem 071/Wk dan Kodim jajaran Korem 071/Wk), Satpur dan Satbanpur serta Balak Kodam IV/Dip di jajaran Korem 071/Wk serta personel Lanud Jenderal Soedirman Purbalingga, Lanal Cilacap dan Polres Purbalingga, Banyumas Banjarnegara, dilepas keberangkatannya oleh Dandim 0702/Pbg Letkol Inf Andy Bagus Dian Arika, S.I.P., tim selebihnya diberangkatkan oleh Forkopimda Purbalingga.

Bupati Purbalingga H.Tasdi, S.H., M.M., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kodim 0702/Pbg yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut.

Dikatakan, esensi dari tandu adalah untuk meneladani apa yang telah dicontohkan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia tanpa pamrih.

"Panglima Besar Jenderal Soedirman yang lahir pada 24 Januari 1916 di Desa Bantarbarang Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga, merupakan sosok pejuang bangsa yang harus diteladani dan suri tauladan bagi bangsa Indonesia", ujarnya.

"Panglima Besar Jenderal Soedirman, telah mendarmabaktikan seluruh jiwa dan raganya serta harta bendanya tanpa pamrih demi kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia. Karenanya, kita sebagai warga Purbalingga patut berbangga hati, namun kita juga tetap rendah hati karena beliau terlahir dari wilayah ini di Desa Bantarbarang Rembang, 102 tahun yang lalu", ungkapnya.

"Oleh karenanya, dengan kegiatan seperti ini agar kita selalu meningkatkan semangat juang nasionalisme dan patriotisme dalam berkehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila", terangnya.




Penulis : Red
Penyunting : Bambang Herman

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال