Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Eks Kombatan GAM Minta Bupati Rocky Hapus Kemiskinan di Aceh Timur



Aceh Timur, IMC - Mantan kombatan GAM Aceh Timur meminta Bupati Aceh Timur, Hasballah M Thaib atau Rocky, segera mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran di daerah tersebut.

Pernyataan itu disampaikan salah seorang mantan kombatan GAM, Tgk.Bireun, menanggapi pemberitaan terkait masalah kemiskinan kronis yang ditandai dengan banyaknya gubuk - gubuk reot sebagai tempat tinggal tak layak huni bagi warga Dusun Blang Mee, Gampong Seuneubok Rambong, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur.

" Kami minta Pemerintah Aceh, Khususnya Pemerintah Aceh Timur, segera mengatasi masalah kemiskinan parah di daerah ini, khususnya Gampong Seuneubok Rambong ini," kata Tgk.Bireun kepada Reportase Global didampingi rekannya M.Jafar ( 25/12/17).

Tgk. Bireun mengungkapkan, sejumlah rumah tidak layak huni tersebut kini kondisinya semakin buruk dan penghuninya pun hidup dalam kondisi sangat tidak layak dan memprihatinkan.

" Gubuk yang ada di belakang tempat saya berdiri ini merupakan salah satu contoh yang menjadi simbol betapa buruknya kondisi masyarakat saat ini, saya berharap bupati dan jajarannya mengatasi ini segera," harap Tgk. Bireun yang menyampaikan permyataannya itu sambil berdiri di depan sebuah gubuk dimana seorang warga bernama Bu Harun tinggal bersama anaknya di desa itu.

Dalam pernyataannya itu, eks kombatan GAM ini mengaku sangat gelisah dan bingung atas kondisi kemiskinan yang dialami masyarakat. Kegundahannya itu bukanlah hal yang berlebihan jika mengingat dirinya sendiri tinggal beberapa jengkal dari gubuk reot yang dia maksud di daerah tersebut.

" Saya tinggal di sini, masyarakat sering mengadukan masalahnya ke saya, jadi terkadang saya bingung mau dibawa kemana ini masalah supaya dapat solusi. Sebab rumah - rumah ini sudah pernah kita laporkan ke pihak terkait, tapi coba lihat, kondisinya masih begitu saja sampai sekarang," kata Tgk. Bireun mengungkapkan suara hatinya.

Tgk. Bireun mengaku tidak bermaksud menjelek - jelekkan pemerintah dalam pernyataannya itu, melainkan agar segenap warga masyarakat tersebut memperoleh bantuan dan solusi mengatasi masalah mereka secepatnya.

" Pemerintah Aceh, khususnya Bupati Rocky dan jajarannya, saya ini eks kombatan juga dibawah beliau, kami harap segera menghapus masalah kemiskinan kronis khususnya di daerah ini," harap Tgk.Bireun.

Dia juga meminta pemerintah segera mengatasi masalah pengangguran di kalangan pemuda angkatan kerja terutama di Seuneubok Rambong.

" Saya berkecimpung di kalangan pemuda gampong ini, kami minta mereka ini mendapat bimbingan dan perhatian agar pengangguran dapat diatasi segera," harapnya.

Tgk. Bireun mengaku selama ini pemerintah setempat mengucurkan beberapa jenis bantuan, namun semua itu dirasa belum memadai dan kurang tepat sasaran.

" Memang ada pemerintah bantu, namun nampaknya belum merata, tidak memadai dan kurang tepat sasaran. Jadi harapan kami, ini bisa didengarkan agar semua persoalan ini bisa ditanggapi pemerintah secepatnya," pungkas Tgk. Bireun menutup keterangannya.

Penulis : Bambang H
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: