Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Anggota Kodim 0703/Cilacap Cek Urine Mendadak Selepas Apel Luar Biasa



Cilacap - Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap, Letkol Inf Yudi Purwanto mendadak anggotanya untuk menggelar apel luar biasa di Aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap dalam rangka penekanan tentang Hari Juang Kartika, penutupan Sarcab If yang dihadiri Kasad, dan yang terpenting adalah tentang penyalahgunaan bahaya Narkoba.


Selepas apel luar biasa, Dandim penyampaian dan penekanan ulang apa saja yang harus ditaati dan dipatuhi sebagai Prajurit TNI dan ASN jajaran Kodim 0703/Cilacap.
" Untuk itu, guna mencegah terjadinya pelanggaran Narkoba, Kodim 0703/Cilacap menggelar tes urine secara mendadak dengan sasaran seluruh Perwira para personel Kodim setempat. Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap digandeng untuk memeriksa urine personel Kodim 0703/Cilacap dan jajarannya.

"Tes urine ini untuk antisipasi mencegah sekaligus menangkal narkoba ke anggota," tutur Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto disela-sela tes urine di Makodim 0703/Cilacap, Senin (11/12).


Sejauh ini, ungkap Dandim, di Kodim 0703/Cilacap memang belum pernah ada anggota yang ditemukan terindikasi menggunakan narkoba. Meski begitu bukan berarti tes narkoba dengan sasaran personel tidak rutin digelar. "Ini sebagai tindakan pengamanan atau jaga-jaga," imbuhnya.

Terkait pelaksanaan tes urine, Dandim menjelaskan memang sengaja tanpa memberi tahu terlebih dulu pada anggota.
"Untuk pengambilan sample urine ini nantinya akan dilaksanakan rutin dan tidak ada pemberitahuan, agar para anggota yang belum pernah merasakan narkoba jangan mencoba-coba untuk melakukannya,” tegas dia.


Kedepannya, lanjut Dandim, Kodim Cilacap akan terus menggandeng BNN Kabupaten Cilacap secara kontinyu untuk memberikan pengarahan atau pemahaman tentang bahaya narkoba kepada personel TNI dan ASN di wilayah Kodim 0703/Cilacap." Papar Letkol Yudi Purwanto.

Dengan dilaksanakan kegiatan tes urine oleh personel Kodim 0703/Cilacap ini, mudah-mudahan ke depan pihaknya dapat mengantisipasi, menghentikan dan menjauhi barang haram tersebut, serta bersyukur dengan terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. (S)


Penulis : Serda Sutaryo
Pendim 0703/Cilacap

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: