Navigation

Wakil Walikota Langsa Bertindak Sebagai Pembina Upacara HKN Ke-53 di Kota Langsa


Langsa, IMC - Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 yang jatuh pada l12 November 2017, diperingati hari Senin (12/11/2017). Peringatan HKN ini dipadukan dengan Launching Germas Kota Langsa dengan tema "menjadi kawasan bebas asap rokok".


Upacara ini dihadiri oleh ratusan tenaga kesehatan dan mahasiswadari Instansi RS, puskesmas, Poltekkes Kemenkes Aceh dan Stikes yang ada dalam Kota Langsa.

Wakil Walikota Langsa DR. Drs. Marzuki Hamid, MMmembacakan sambutan dari Menteri Kesehatan RI Prof. DR. Dr.Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K).


Pada tahun 2017 ini, tepatnya tanggal 12 November, kita memperingati HKN yang ke 53. Tema HKN kali ini adalah "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku". Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan prilaku individupendidikan dilingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh berkembang dengan baik.

Untuk itu kita harus berupaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga.

Program lain yang didorong adalah gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas, dengan Germas mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat dengan mendorong program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dan Germas.


Germas berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan prefentif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi -tingginya sehingga tecipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

"Saya mendorong agar peringatan HKN ke 53 ini juga dimeriahkan oleh seluruh jajaran kesehatan dan kementerian/lembaga terkait, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, UPT Pusat dan Daerah, serta organisasi kemasyarakat," ucap Marzuki dari teks pidato Menkes.

Diharapkannya kepada seluruh komponen bangsa untuk mensukseskan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga. Indonesia sehat diwujudkan melalui keluarga-keluarga yang sehat, sehingga membentumasyarakat sehat. 

Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, teratur, sayur dan buah - buahan, serta senantiasa berolahraga atau melakukan aktifitas fisik, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan tidak merokok serta menciptakan lingkungan bersih dan sehatbaca Wakil Walikota yang terpilih 2 (dua) periode.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan pemberian penghargaanoleh Wakil Walikota Langsa kepada pensiunan pegawai kesehatan, yaitu Dasiman (RSUD Langsa) dan Fatmawati (Dosen Poltekkes Kemenkes Aceh). 

Berikutnya juga diberikan piala dan piagam untuk Desa dengan Asuhan Mandiri TOGA dan Akupresur terbaik, para pemenang lomba olahraga seperti futsal, volley ball, tarik tambang dll.

Penutup kegiatan adalah Launching Germas Kota Langsa oleh Wakil Walikota, didampingi Kadinkes, Direktur RSUD, para kepala puskesmas. Setelah pemotongan pita baliho dilanjutkan dengan pelepasan balon.

Ketua panitia HKN ke 53 Kota LangsaIdwar, S. Kp, M. Kes yang dijumpai IMC disela-sela peringatan HKN ini, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua panitia yang telah bekerja keras menyukseskan rangkaian kegiatan HKN yang kemudian ditutup dengan upacara hari ini.

Tutupembicaraan, Idwar yang juga selaku Ketua Prodi Diploma III Keperawatan Poltekkes Kemeskes Aceh juga mengucapkaselamat kepada para juara berbagai lomba yang telah diadakan.

Penulis : T. Iskandar Faisal

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: