Navigation

PPNI Aceh Harapkan Perawat Lulusan STIKes Cut Nyak Dhien Langsa Segera Miliki NIRA PPNI



Langsa, IMC - STIKes Cut Nyak Dhien Langsa melaksanakan Yudisium dan Penyumpahan lulusan Profesi Ners, lulusan Diploma III Keperawatan dan Diploma III Kebidanan di Kampus STIKes Cut Nyak Dhien Langsa yang beralamat di Jalan Perumnas No 45 Paya Bujok Seulemak Kota Langsa.


Kegiatan yudisium dan angkat sumpah ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 11 November 2017, yang diikuti oleh 34 orang lulusan Ners1(satu) orang DIII perawat, 1 (satu) orang bidandan 6 (enam) orang sarjana keperawatan.

Ketua STIKes CND Langsa, Ns. Edy Mulyadi, M. Kep dalam sambutannya menyampaikan agar para lulusan menyiapkan diri untuk mengikuti ujian kompetensi sehingga akan memiliki STR dan dapat bekerja pada fasilitas kesehatan dalam negeri dan luar negeri. 

Ketua DPW PPNI Provinsi Aceh, diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Hukum dan Pemberdayaan Politik, T. Iskandar Faisal, S. Kp, M. Kes, setelah mengangkat sumpah perawat, menyampaikan sambutannya.

"Saya minta Ketua Komisariat PPNI STIKes CND Langsa, Ns. M. Husaini agar segera mendata para lulusauntuk mendaftar sebagai anggota PPNI supaya adik-adik ini memiliki NIRA PPNI," ujar T. Iskandar Faisal.

Wakil Ketua PPNI ini juga menyampaikan bahwa dengan ada Nomor induk registrasi perawat atau biasa disebut dengan NIRA ini akan menjadi suatu tanda registrasi seorang perawat yang sudah resmi menjadi anggota PPNI, sedangkan PPNI itu sendiri adalah sebuah organisasi profesi yang menjadi pelindung bagi seorang perawat dalam kegiatannya memberikan praktik asuhan keperawatan dan merupakan organisasi resmi yang telah diakui oleh pemerintah dan memiliki payung hukum yang jelas.


Ada beberapa manfaar memiliki NIRA tambahnya, yaitu:
1.Dibutuhkan untuk keperluan seorang perawat dalam memperpanjang STR
2. Dibutuhkan untuk pengurusan SIKP atau SIPP
3. Dibutuhkan untuk pemrosesan SKP dari PPNI
4. Dibutuhkan untuk mendapatkan advokasi PPNI yang dapat membackup atau membantu permasalahan seorang perawat yang didapat dalam melakukan tindakan atau praktik asuhan keperawatan.

Oleh karenanya, T. Iskandar Faisal menegaskan kembali kepada Komisariat PPNI CND Langsa untuk segera melengkapi perawat yang diluluskannya untuk memiliki NIRA.

KetuPPNI komisariat CND, M. Husaini, yang dijumpai IMC setelah acara, menjanjikan untuk segera membantu pendaftaran perawat yang baru lulus itu untuk segera mimiliki NIRA PPNI.

"Kami akan inventarisir lulusan, dan kita minta minta mereka menyetor Rp. 360.000,- sebagai biaya untuk menjadi anggota PPNI," ujar Husani.

Penulis : TIF/Red
Penyunting : Red

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: