Headlines

Religi

Lingkungan

Powered by Blogger.

KKL di Kuala Langsa, Mahasiswa Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh Promosi GERMAS

by : On 11/22/2017 01:06:00 AM

VIRALKAN PROFIL ANDA DI SINI (TELP/SMS/WHATSAPP: 0816 405 299)



Langsa, IMC - Mahasiswa D3 Keperawatan Langsa Poltekkes Kemeskes Aceh mempromosikan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) kepada warga di Gampong Kuala Kecamatan Langsa Barat, Selasa (21/11/2017).
Menurut Ketua Prodi, Idwar, S.Kp., M.Kes., promosi Germas ini dilakukan mahasiswa yang didampingi oleh dosen pembimbing, kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan tanggal 9-23 November 2017.

"Mahasiswa yang melaksanakan KKL sebanyak 56 orang (4 kelompok) yang ditempatkan di Dusun Ikhlas, Dusun Damai, Dusun Setia dan Dusun Harapan. Setelah dilakukan survey/pengumpulan data, maka diadakan penyajian data dalam bentuk lokakarya mini tingkat desa pada tanggal 18/11/2017," jelas Idwar.
 Ketua kelompok 2, Imron menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survey terjaring beberapa gangguan/penyakit yang sering diderita warga seperti diare, gatal-gatal, Diabetes dan hipertensi. 



"Untuk masalah lingkungan dijumpai masalah pada pengeloaan sampah, pembuangan limbah serta ketersediaseptic tank untuk penampungan tinja," kata Imron.

Untuk meningkatkan pengetahuan warga tentang kesehatan, mahasiswa mengadakan penyuluhan yang bertempat meunasah/balai desa yang terletak dibelakang kantor geuchik.

Mahasiswi bernama Mutia Balqis dalam presentasinya menyampaikan topik hipertensi, animwarga mendengar penyuluhan sangat tinggiSeorang wargaIbu Risnawati bertanya kondisi badannya yang sering pegal-pegal dan sering pusing. Pertanyaan ini dijawab oleh Mutia dengan gamblansehingga ibu tersebut puas.
Mahasiswa lainnya bernama Endri Wijaya, menjelaskan trik menghindari hipertensi, yaitu: mengonsumsi makanan sehat, mengurangi konsumsi garam dan kafein, berhenti merokok, berolahraga secara teratur dan menurunkan berat badan.

Setelah berlangsung tanya jawab selama 60 menit, acara ini ditutup dengan pembacaan doa oleh salah satu tokoh gampong yang ikut hadir.

Salah seorang dosen pembimbing KKL, Nuswatul Khaira, Ns, M. Kes, menjelaskan kepada IMC, bahwa saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mempromosikan GERMAS, oleh karenanya, kami sebagai pembimbing sangat mendukung kegiatan ini.

Dosen yang sering dipanggil Bu Ira oleh mahasiswanya, menerangkan bahwa GERMAS itu merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. 

"Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian," terang Bu Ira.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. 

Pada tahap awal, GERMAS berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin. 

"Inilah yang menjadi titik fokus mahasiswa saya yang melaksanakanpraktik di desa ini," jelasnya.

"Kita harapkan mahasiswa setelah menyelesaikan praktik ini, mereka menjadi cakap, terampil, beretika dan mampu memberikan asuhan keperawatan dengan mempertimbangkan kondisi sosial kemasyarakatan yang Islami," ujar Bu Ira menutup pembicaraan bersamaan dengan dikumandangkan azan Magrib.
Penulis: T. Iskandar Faisal.


PASANG IKLAN BERKUALITAS HARGA BERSAING (TELP/SMS/WHATSAPP: 0816 405 299)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »