Navigation

Tornado Waterspout Kagetkan Warga Kepulauan Seribu





Jakarta, IMC - Kemunculan tornado waterspout membuat kagwt warga Kepulauan Seribu. Hal ini dialami warga Pulau Tidung, Hilmansyah, yang tengah menuju Pulau Kelapa.

"Tadi saya lagi perjalanan dari Pulau Tidung ke Kelapa. Tiba-tiba di perairan mengarah ke Pulau Kelapa ada puting beliung. Saya lihat ada 3 pusaran," kata Hilman ketika dimintai konfirmasi, Senin (23/10/2017).

Dia mengatakan tornado ini ditemuinya pada pagi tadi sekitar pukul 09.15 WIB. Ketika itu dia hendak menuju Pulau Kelapa untuk mendatangi sebuah acara.
Hilman, yang baru pertama kali melihat hal ini, mengaku sempat panik. Terlebih, dia tengah berada di perairan menggunakan kapal kecil.

"Tadi putingnya sudah dekat dari kapal saya, saya pakai kapal kecil, saya menghindar, takut terempas. Karena pulau juga tak terlihat. Kondisi tadi hujan gede," tuturnya.

Momen ini sempat diabadikan Hilman lewat kamera ponsel. Tampak tiga tornado waterspoot tersebut berjajar di tengah perairan Kepulauan Seribu.




Sebagai informasi, tornado waterspoutadalah angin berputar yang terjadi di laut. Fenomena ini biasanya terjadi saat hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. Angin ini lebih banyak terjadi pada masa pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya.

BMKG telah mendapatkan informasi mengenai tornado ini. "Iya kami sudah mengetahuinya, ada di sekitar Pulau Harapan," kata Kepala Humas Harry Tirto saat dimintai konfirmasi terpisah. (red)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: