Sawah Petani Diserang Hama Tikus, Sertu Mulyono Ajak Petani Gropyok Ke Sarangnya



Cilacap, IMC - Babinsa Koramil 14/Cimanggu, petani serta warga melakukan pembasmian massal memburu hama tikus ini, Senin (16/05).




Dalam upaya menekan populasi tikus sawah, Babinsa dan warga berburu untuk basmi tikus.
Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian bersama akan ketahanan pangan di desa Cimanggu.

Kegiatan pembasmian hama tikus ini dilakukan oleh Babinsa dari Koramil 14/Cimanggu bersama masyarakat Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu dalam rangka pengendalian hama tikus. Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana caranya berburu hama tikus menggunakan alat yang diberi dari dinas terkait. 




Menurut Babinsa Koramil 14/Cimanggu Setu Mulyono, kegiatan berburu hama tikus tersebut dalam upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama padi, khususnya tikus. "Karena serangan hama tikus hampir setiap musim tanam, yang terjadi saat-saat beberapa hari lagi padi akan dipanen," ujarnya.

Tentunya, kata dia, apa yang kita lakukan ini merupakan salah satu dari beragam cara memberantas hama di sawah bagi para petani, selain dengan membunuh hama lewat bahan kimia. "Yang jelas cara ini alami serta bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotong-royongan," katanya di sela-sela kegiatan memburu tikus.




Lebih lanjut, Sertu Mulyono, bahwa keterlibatannya dalam kegiatan perburuan hama tikus ini sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama. Apa yang di lakukan tersebut, menurutnya, merupakan pendampingan terhadap petani, sebagai tindak lanjut Mo U TNI dengan Kementerian Pertanian, dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.


Laporan Srd.Sty (Pendim.Clp)
Editor : Diah Rini

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال