Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Sebelum Kuliah, Maba UNITRI 2017 dibekali Matrikulasi oleh Pemateri

Malang, IMC--- Setelah dibuka secara resmi lewat Apel Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) tahun ajaran 2017-2018 pada Senin (11/9/2017) kemarin, pihak Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menyelenggarakan Program Matrikulasi bagi para Maba.

Nathasa Pramudita Irianti, S.Pd., M.Pd sebagai salah satu pemateri menjelaskan, matrikulasi merupakan kegiatan belajar bagi mahasiswa baru sebelum masuk ke Program Studi masing - masing mahasiswa. Matrikulasi ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi atau membekali mahasiswa baru sebelum menjalani perkuliahan selama di UNITRI. Hal ini dikarenakan mahasiswa baru yang masuk ke kampus UNITRI, berasal dari berbagai bidang ilmu, maupun sekolah SMA/SMK, dan daerah.  Proses matrikulasi tahun 2017 dijadwalkan pada tanggal 12-13 September 2017. Setelah proses Matrikulasi ini, mahasiswa baru akan menghadapi ujian kemampuan untuk melihat hasil dari proses Matrikulasi.


“Hari ini, Selasa (12/9/2017) kami para pemateri akan memberikan tiga matrikulasi sebagai bekal kepada para Maba yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Dan besok harinya, Rabu (13/9/2017) para Maba akan menerima matrikulasi dari Polsek Lowokwaru berupa keamanan lingkungan dan ketertiban lalu lintas; dari Koramil 0833/05 Lowokwaru berupa wawasan kebangsaan dan bela tanah air,; dan dari BNN Malang berupa generasi anti narkoba,” kata Nathasa, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/9/2017) siang, sehabis memberikan matrikulasi di ruang B 23.


“Kalau di ruang B 23 tadi, itu hanya Program Studi Peternakan dan TIP. Sedangkan Program Studi lainnya, ada yang menempati GOR, ruang B 24, dan ruang B 25. Masing masing pemateri memberikan matrikulasi yang sama yang sudah dijadwalkan oleh pihak kampus,” tambah dosen pengampu mata kuliah Statistika ini.



Nathasa, demikian nama panggilannya, menambahkan bahwa dalam matrikulasi, para pemateri hanya memberikan pengenalan atau pengantar saja akan mata kuliah-mata kuliah yang akan dipelajari mahasiswa baru berupa game Matematika yakni tebak tanggal lahir, tebak angka, dan tentang masalah open indid.


Selain itu, dosen berparas cantik ini juga memberikan tips khusus buat mahasiswa-mahasiswi baru agar tidak boleh takut untuk mempelajari Matematika sebagai salah satu mata kuliah nantinya. “Tipsnya sederhana sekali yakni jangan langsung yang berat-berat. Yang ringan-ringan saja dulu, supaya mudah untuk diterima dan dipahami. Serta belajar Matematika ini, manfaatnya sangat besar sekali yaitu sangat mudah untuk mengetahui perkembangan manusia. Karena perkembangan manusia dimulai dari menghitung,” sarannya disertai senyum manis.


Stefanus Leto mahasiswa baru Program Studi Teknik Sipil, kepada IMC menyatakan, “Tadi ibu Dr Nur Ida Iriani, menyampaikan pesan buat kami bahwa Matematika ini merupakan nilai pasti. Bukan hanya dipelajari di bidang Matematika, melainkan secara luas oleh seluruh Program Studi. Dan manfaat untuk saya secara pribadi dalam bidang Teknik Sipil adalah untuk menghitung struktur suatu pembangunan”. (Felix)







Share
Banner

felixianus ali

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: