Navigation

Prof Wani Beri 6 Pesan buat Maba Unitri Lewat Apel Penerimaan 2017


Malang, IMC--- Pagi masih menggelantung ketika disambut mentari dengan caranya disaat kepulan asap kendaraan mulai mengotori jalanan. Semua mata terpana melihat, sebab ada yang berbeda dari sebelumnya.


Dengan berpakaian putih-hitam yang dibaluti dasi berwarna hitam sambil menenteng tas di punggung, masing-masing mereka menaruh asa pada aspal jalanan untuk meraih masa depan.

Mereka adalah calon mahasiswa-mahasiswi baru (Maba) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, yang akan mengikuti Upacara Apel Penerimaan Maba tahun ajaran 2017-2018 di halaman tengah tepatnya di depan gedung kantor Unit Penerimaan Mahasiswa Baru (UPMB) Unitri, Senin (11/9/2017) pagi.

Dengan dibantu kakak-kakak panitia, sebut saja Titus Kura, Sudirman, Imelda Raja bersama panitia lainnya, para Maba disambut dengan senyum ramah dan dipersilahkan berdiri dalam barisan guna memulai upacara penerimaan.

“Ayo, ke sini dek! Baris di sini, ya. Baris yang rapi, karena upacara penerimaan akan segera dimulai,” kata Sudirman, Koordinator Panitia lewat pengeras suara dengan intonasi suara lembut nan halus.

Selain Sudirman, Titus Kura, dan Imelda, terlihat pula panitia lainnya masih sibuk menjemput para Maba dengan ramah dan sopan di gerbang utama dan mengantar ke dalam barisan. Lelehan keringat menjadi sahabat yang baik, karena tekad para panitia adalah melayani para Maba dengan tulus-ikhlas. Dan lewat asa yang dibanjiri pelayanan tanpa pamrih itulah, para panitia ingin supaya para Maba Unitri nantinya boleh meraih masa depan.


Sementara, pada sisi kiri di sebelah podium utama, berdirilah para dosen dan staff serta karyawan-karyawati Unitri. Mereka menyatu dalam kasih dan cinta guna memanusiakan manusia yang berbudi luhur, cinta alam dan sesama. Terlebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, dan UUD 1945.

Lewat sambutan, Rektor Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Prof. Dr. Ir. Wani Hadi Utomo menyampaikan beberapa pesan bernas kepada para Maba yaitu pertama, “Kalian para Maba datang ke Malang untuk kuliah di Unitri dengan tujuan menimba ilmu pengetahun, sebagai bekal untuk masa depan. Lewat pendidikan (kuliah), kalian akan menjadi manusia yang bertanggung jawab”.

Kedua, “Kalian sebanyak 1.573 Maba yang sudah lulus seleksi dan diterima untuk kuliah S-1 di Unitri, hendaknya belajar dengan giat dan rajin agar ketika diwisuda nantinya, kalian yang berjumlah begini banyak (1.573) orang akan berhasil meraih masa depan dan pekerjaan yang diharapkan”.



Ketiga, “Belajar di sekolah agak beda dengan belajar di Perguruan Tinggi. Untuk itu, saudara diminta harus pro aktif belajar. Belajar yang giat dan rajin, karena dosen cuman memberikan beberapa persen. Sedangkan kalian harus aktif berusaha. Bentuklah pribadi (karakter) kalian yang baik adanya, baik itu di kampus maupun di tengah masyarakat”.

Keempat, “Kalian datang dari berbagai daerah di Indonesia. Kalian harus bersatu. Tidak boleh ada pemdedaan suku atau budaya di sini. Karena kita adalah rakyat Indonesia yang cinta Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.”


Kelima, “Banyak godaan yang akan menghantui kalian di sini. Misalkan, kalian harus menjauhkan diri dari narkoba dan obat-obatan lainnya. Karena narkoba akan membuat hidup kalian rusak. Masa depan kalian masih panjang, karena kalian masih kecil-kecil.”


Dan Keenam, “Jauhkan diri kalian dari paham-paham radikal. Karena paham-paham radikal itulah yang ingin merusak NKRI. Janganlah memfitnah dan mencaci maki orang lain di sosial media seperti facebook, twitter, instragram, dan sejenisnya. Jadilah mahasiswa-mahasiswi Unitri yang cinta NKRI,” tegas Rektor Unitri, Prof Wani di akhir sambutannya dan disambut aplaus meriah oleh seluruh peserta. (Felix)



Share
Banner

felixianus ali

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: